Cara Turunkan Tekanan Darah Tinggi Secara Alami

Rabu, 17 Februari 2021 - 05:28:44 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Tekanan darah tinggi perlu diwaspadai karena dapat menjadi awal penyakit berbahaya. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk turunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Tekanan darah tinggi menjadi kondisi yang cukup mengancam kesehatan. Tekanan darah yang terlalu tinggi dan berlangsung dalam jangka waktu lama dapat menjadi awal penyebab dari berbagai penyakit.

Penyakit yang disebabkan oleh darah tinggi biasanya cukup berbahaya dan mematikan. Mulai dari mengganggu kesehatan jantung dan kardiovaskular hingga menyebabkan stroke.

Untuk mencegah tekanan darah melonjak sebaiknya secara rutin melakukan pengecekan. Bisa dilakukan di tempat kesehatan atau dengan menggunakan alat cek tekanan darah digital di rumah. Ketika mengetahui tekanan darah sedang melonjak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menangani kondisi tersebut secara alami.

Berikut ini 7 cara turunkan tekanan darah tinggi secara alami menurut Medical News Today (26/7):

1. Kurangi Konsumsi Garam

Konsumsi garam di seluruh dunia masih tergolong cukup tinggi. Kandungan garam paling banyak ditemukan pada makanan olahan dan makanan kemasan.

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa konsumsi garam berkaitan dengan lonjakan tekanan darah dan masalah kesehatan jantung, termasuk stroke. Konsumsi garam pada penderita tekanan darah tinggi sangat direkomendasikan untuk dikurangi atau diganti dengan rempah.

2. Kurangi Konsumsi Alkohol

Faktanya, minuman alkohol memiliki kaitan dengan kasus tekanan darah tinggi di dunia sebanyak 16%. Walaupun beberapa penelitian mengatakan konsumsi alkohol dalam kadar rendah hingga sedang dapat melindungi jantung, tetapi hal ini dipatahkan dengan efek buruk yang ditemukan.

Batas harian konsumsi alkohol yang diperbolehkan hanya 1 gelas per hari bagi wanita dan 2 gelas per hari bagi pria. Tetapi untuk penderita tekanan darah tinggi sebaiknya benar-benar menjauhi konsumsi minuman alkohol.

3. Konsumsi Makanan Kaya Potasium

Potasium merupakan mineral penting untuk tubuh. Potasium dapat membantu tubuh mengeluarkan kandungan sodium atau garam dan menurunkan tekanan darah pada pembuluh darah.

Pada pola makan modern, ahli gizi menemukan orang-orang lebih banyak konsumsi garam dan tidak mengasup cukup potasium. Beberapa makanan tinggi potasium yang bisa dikonsumsi misalnya sayuran hijau, tomat, kentang, pisang, melon, alpukat, susu dan yogurt, kacang dan biji-bijian serta tuna dan salmon.

4. Kurangi Konsumsi Kafein

Kafein menjadi pemicu tekanan darah tinggi yang sangat cepat. Tetapi uniknya, hal ini tidak terjadi pada mereka yang memang rutin mengonsumsi kafein sebelum terjadi lonjakan tekanan darah pada tubuhnya.

Kafein yang ada pada teh atau kopi jika diminum secara rutin justru dapat menurunkan risiko penyakit jantung termasuk tekanan darah tinggi dibanding yang tidak meminumnya secara rutin. Tetapi jika tekanan darah tetap tinggi walaupun rutin meminum kopi sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter.

5. Makan Dark Chocolate

Mengonsumsi sedikit dark chocolate dan kakao terbukti memberikan efek yang baik untuk jantung. Hal ini disebabkan oleh kandungan flavonoid yang dapat meredakan inflamasi dan menenangkan pembuluh darah.

Berbagai penelitian menemukan bahwa kakao tinggi flavonoid terbukti dapat memberikan manfaat kesehatan pada jantung termasuk menurunkan tekanan darah tinggi. Untuk hasil yang maksimal, disarankan untuk konsumsi coklat dan kakao yang belum ditambahkan pemanis.

6. Kurangi Gula dan Karbohidrat Olahan

Sebuah penelitian telah menemukan hubungan antara konsumsi gula tambahan dengan tekanan darah tinggi. Pada penelitian Framingham Women's Health, wanita yang minum 1 kaleng soda per hari ditemukan memiliki tekanan darah yang lebih tinggi dibanding yang tidak meminum soda.

Tidak hanya gula, karbohidrat olahan seperti tepung dapat merubah karbohidrat secara cepat menjadi gula dalam darah dan menyebabkan banyak permasalahan. Penelitian telah membuktikan bahwa diet rendah karbohidrat dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

7. Konsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Orang yang mengonsumsi sedikit kalsium sering ditemukan memiliki tekanan darah yang lebih tinggi. Walaupun suplemen kalsium belum cukup membuktikan kaitannya dengan menurunkan tekanan darah tinggi, tetapi kalsium memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan.

Untuk sebagian besar orang dewasa, kebutuhan kalsium harian direkomendasikan sebanyak 1.000 miligram per hari. Untuk wanita diatas umur 50 dan pria di atas umur 70 direkomendasikan sebanyak 1.200 miligram per hari. [**]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT