Konsumsi Aspirin Dosis Rendah Bisa Bantu Kehamilan?

Senin, 15 Februari 2021 - 19:32:27 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Sebuah studi baru dari American College of Physicians menemukan bahwa mengonsumsi aspirin dosis rendah setiap hari dapat meningkatkan hasil kehamilan untuk orang yang sebelumnya mengalami keguguran. Studi tersebut telah diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine.

Melansir dari Healthline, penelitian ini menemukan bahwa manfaat aspirin lebih terasa pada orang yang mulai mengonsumsi aspirin setiap hari sebelum pembuahan. Hasil kehamilan juga lebih besar ketika orang secara ketat mengikuti terapi aspirin dosis rendah, meminumnya antara 4 hingga 7 kali seminggu.

“Ada konsensus yang berkembang bahwa aspirin dosis rendah dapat membantu mereka yang berisiko. Ini harus dimulai dengan baik sebelum kehamilan dan digunakan secara konsisten untuk memiliki efek maksimal,” ujar Dr. Hugh Taylor, ketua departemen kebidanan, ginekologi, dan ilmu reproduksi di Yale School of Medicine kepada Healthline.

Aspirin tidak disarankan untuk semua orang karena risiko pendarahan, jadi penting untuk membicarakan dengan dokter tentang manfaat dan risiko terapi aspirin dosis rendah sebelum mencoba metode ini.

Peneliti dari Emory University dan National Institutes of Health mengevaluasi data kesehatan dari efek aspirin dalam uji coba kehamilan dan reproduksi (EAGeR) yang melibatkan 1.227 orang yang mencoba untuk hamil dan sebelumnya mengalami satu atau dua keguguran.

Para peneliti menemukan bahwa dengan ketat mengikuti rejimen aspirin dosis rendah setidaknya 4 hari seminggu menyebabkan delapan persen kehamilan lebih tinggi, enam persen lebih sedikit, dan 15 persen kelahiran hidup lebih banyak.

Aspirin secara rutin direkomendasikan kepada orang hamil dengan preeklamsia (tekanan darah tinggi selama kehamilan) dan sindrom antifosfolipid (kelainan autoimun yang menyebabkan pembekuan darah). [**]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT