5 Cara Membersihkan Daun Tanaman Hias agar Mengilat

Rabu, 27 Januari 2021 - 19:02:00 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Merawat tanaman tak cukup hanya dengan memberi air dan pupuk. Namun Anda juga perlu tahu cara membersihkan daun tanaman hias.

Selain menghindarinya tampak kusam, peduli akan perawatan daun pada tanaman hias ini penting bagi kesuburan tanaman itu sendiri. Apabila daunnya tertutup debu, akan menyulitkan tanaman untuk berfotosintesis.

Daun tanaman yang bersih dan maksimal dalam berfotosintesis akan tumbuh secara optimal serta tidak rentan terserang hama seperti tungau daun.

Kemudian, debu dan kotoran yang tak segera dibersihkan dari daun dapat menyumbat stomata pada daun tanaman sehingga mengganggu kerja tanaman untuk membersihkan udara dalam ruangan.

Membersihkan daun-daun pada tanaman hias memang tidak perlu setiap hari. Asalkan rutin dan dilakukan secara berkala.

Langkah mudah mengetahui waktu yang tepat untuk membersihkan daun tanaman yaitu tinggal colek menggunakan satu jari. Bila merasakan debu-debu menempel maka segera bersihkan.

Begitupun sebaliknya, apabila permukaan daun masih terasa lembap, sebaiknya tunda membersihkannya dan tunggu sampai kering terlebih dulu.

Cara Membersihkan Daun Tanaman Hias

Ada 5 teknik untuk menghilangkan debu di permukaan daun-daun tanaman hias. Anda bisa memilih salah satu caranya seperti berikut ini, melansir The Spruce.

1. Semprot dengan Larutan Sabun

Apabila tanaman hias ditempatkan di outdoor terutama dekat dengan jalanan kendaraan, menyiram dengan air saja memang kurang cukup.

Sesekali bisa bersihkan dengan air larutan sabun cuci piring takaran ¼ sendok teh, lalu beri satu liter air hangat ke dalam botol semprotan.

Setelah menyemprot dengan sabun, selanjutnya tinggal keringkan daun tanaman memakai lap lembut untuk memastikan tidak ada sisa sabun yang menempel.

2. Kebas dengan Kemoceng

Cara membersihkan daun tanaman hias yang berdebu namun tidak terlalu tebal, bisa dengan kemoceng berbulu halus.

Caranya dengan menyapu permukaan daun secara perlahan supaya tidak tergores. Teknik ini bisa dilakukan untuk jenis daun yang tumbuhnya menumpuk.

Selain itu, membersihkan daun tanaman menggunakan kemoceng ini sangat disarankan bagi tanaman indoor.

3. Sikat Lembut

Khusus untuk tanaman dengan daun berbulu halus seperti bunga violet Afrika, bisa dibersihkan menggunakan sikat lembut.

Pasalnya, daun tanaman berbulu halus ini cenderung kurang suka terkena air yang bisa merusak pertumbuhannya.

Untuk menghilangkan debu pada daun, cukup gunakan sikat gigi berbulu halus, lalu sikat perlahan bagian sela-sela daun yang terkena debu sampai bersih.

4. Celup di Air Hangat

Menghilangkan kotoran maupun debu khususnya untuk tanaman hias kecil, dianjurkan dengan cara merendam atau cukup mencelupkannya ke dalam air hangat.

Teknik ini memang sedikit merepotkan karena bagian tanah di pot harus tetap kering. Untuk itu, sebelum merendam tanaman hias mini Anda di dalam baskom air, bungkus bagian pot menggunakan plastik, lalu ikat sampai rapat.

Atau boleh juga membalikkan tanaman kecil tersebut dan celupkan pada air hangat tadi. Tapi, pastikan tangan Anda menahan bagian tanah pot supaya tidak berjatuhan.

5. Lap dengan Kain Basah

Teruntuk tanaman hias berdaun lebar, Anda dapat bersihkan memakai kain setengah basah atau lembap yang sudah dicelupkan ke dalam air hangat.

Teknik memakai kain basah ini memang paling sederhana. Sayangnya, kurang cocok jika dilakukan pada daun tanaman kecil karena akan memakan waktu lebih lama.

Untuk hasil bersih yang optimal, gunakan kain berserat halus seperti lap microfiber. Lap microfiber ini memang didesain sebagai bahan dasar kain pembersih yang efektif mengangkat kotoran, minyak, dan menyerap air sehingga cocok untuk membersihkan daun tanaman hias.

Alternatif lain, Anda bisa menggunakan tisu basah yang mengandung minyak lanolin yang biasa diperuntukkan bagi bayi.

Dengan mencoba cara membersihkan daun tanaman hias di atas, Anda tidak perlu lagi membeli pembersih tanaman hias yang mahal. Asalkan dilap secara rutin, daun tanaman hias Anda akan terhindar dari kusam, berdebu, dan tetap mengilap. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT