Tips Desain Ruang Tamu Bergaya Victorian

Senin, 25 Januari 2021 - 23:30:51 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Tidak ada yang bisa meragukan pengaruh Ratu Victoria selama pemerintahannya. Oleh karena itu orang-orang di zamannya bahkan mengubah desain rumahnya. Hal ini membawa orang untuk mendesain ulang rumah mereka dengan revisi gaya Gotik, rococo, dan Oriental.

Dari desain victorian, bisa dilihat perpaduan gaya eklektik, furnitur berlapis kain tebal, ornamen berlebihan, lukisan bunga yang realistis, burung dan hewan, hingga ukiran kayu, dengan aksen perak, kuningan, dan emas. Desain ini bisa diterapkan di berbagai ruangan, termasuk ruang tamu.


Dilansir dari Home Design Lover, Jakarta, Senin (25/1/2021), salah satu desain ruang tamu yang paling disukai adalah gaya Victorian yang dapat dengan mudah dilakukan dengan menggunakan banyak logam yang berkilau dengan desain yang rumit pada perabotan, bingkai foto dan aksesoris.

Selain itu, masih ada cara lain untuk membuat ruang tamu bertema Victorian. Berikut ini telah dirangkum beberapa tips untuk membuat ruang tamu dengan gaya Victorian.

1. Pilih Furnitur Victoria

Sebagian besar furnitur bergaya Victoria memiliki hiasan ukiran kayu berukir dengan kain yang kaya. Tidak hanya itu, bisa juga menggunakan potongan tempat duduk yang dilapisi brokat, beludru dan bordir.

Tambahkan beberapa bantal empuk dengan penutup yang menarik. Pilih furnitur dengan kayu ekspos di beberapa bagian, seperti pada sandaran lengan, kaki dan sepanjang sandaran atas kursi. Gunakan meja yang diukir, dilapisi marmer, dan dipintal.

Selain itu, dapat pula memberi aksen pada lampu bergaya tradisional dan stoples porselen dengan renda rajutan di bawahnya. Untuk tampilan yang lebih klasik, letakkan rak buku yang dapat diisi dari lantai hingga langit-langit.

2. Gunakan Warna Gelap dan Kaya Corak

Nuansa gelap dan cerah dengan warna yang kaya digunakan untuk mendapatkan tampilan Victoria. Kayu juga harus berwarna gelap sehingga bisa mengikuti nuansa lain di ruangan itu.

Penggunaan warna merah, merah anggur, ungu, kuning dan biru sangat umum di ruangan bergaya Victoria. Namun, warna putih tetap bisa digunakan selama menggunakan furnitur bergaya Victoria.

3. Hiasi Dinding

Untuk mendapatkan tampilan Victoria itu, gunakan cetakan dekoratif, ornamen, plasterwork, dan lengkungan untuk dinding ruang tamu. Kemudian, adanya lengkungan dapat menciptakan tampilan yang megah sementara plester dan cetakan memberikan tampilan keaslian itu.

Hal-hal ini mungkin membutuhkan banyak biaya, tetapi pasti akan memberikan tampilan yang diinginkan. Namun, jika ingin menghemat uang, memilih dinding dengan warna-warna kaya yang dalam, seperti merah dapat dilakukan. Menerapkan wallpaper unik dengan cetakan metalik atau hiasan pun bisa dicoba.

4. Pilih Lantai yang Tepat

Lantai Victoria biasanya berpola tinggi. Mereka menggunakan ubin yang benar-benar menunjukkan beberapa desain dan pola yang mewah. Ketika melakukan tips ini, pastikan furnitur dan dindingnya akan melengkapi lantai. Jika menggunakan lantai bermotif tebal, maka pilihlah dinding yang lebih ringan dan karpet yang lebih ringan agar ruangan tidak terlihat terlalu berat dan besar.

5. Gunakan Aksesoris Plastik

Gantung potret dan lukisan leluhur di dinding dengan bingkai kayu. Pasang juga lampu kristal di atas ruang tamu. Gunakan lampu berdiri bebas dengan tirai dekoratif dan dudukan kuningan.

Untuk tampilan tambahan, gantung piring atau barang perak bergaya Victoria, letakkan tempat lilin lilin dan cermin dengan bingkai ukiran emas atau kayu yang rumit. Tak hanya itu, dapat menambahkan aksesoris berupa jam tua untuk tampilan yang lebih klasik.

6. Tempatkan Karpet Bermotif

Letakkan karpet bermotif dengan pola oriental, desain scroll, dan lainnya. Karpet dapat ditempatkan di tengah ruang tamu. Selain karpet, bisa juga menggunakan kain lantai dengan lukisan kanvas di atasnya untuk ruangan yang tidak terlalu megah. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT