Coba Cara Sehat Ini untuk Menikmati Kopi 

Sabtu, 23 Januari 2021 - 16:42:48 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Beberapa orang menjadikan kopi sebagai bagian besar dari rutinitas di pagi hari sebelum memulai aktivitas sehari-hari. Tetapi, tahukah kamu bahwa ada banyak penelitian baru yang menyoroti manfaat kesehatannya? Ternyata meneguk secangkir kopi dapat memberi dorongan vitamin ekstra dan membantu kita bertahan lebih lama.

Meski demikian, kita tetap harus mengetahui langkah-langkah menikmati kopi yang sehat dan bernutrisi. 

1. Ukur takaran susu atau krimer 

Kesalahan umum yang dapat membuat kopi kurang sehat adalah menambahkan terlalu banyak susu atau krimer. "Jika lebih suka rasa krim, kita masih dapat menikmatinya dalam kopi." 

"Tetapi perlu diingat untuk tidak menambahkannya secara berlebihan," kata ahli diet dan nutrisi, Maryann Walsh, RD, CDE. 

"Saya selalu merekomendasikan untuk mengukur krimer sebelum disajikan. Kita bisa menggunakannya setengah," sambung dia. 

2. Perhatikan tambahan gula 

Penambahan gula menjadi salah satu komponen yang membuat kopi tidak sehat untuk dikonsumsi. Ini berlaku untuk segala jenis gula atau pemanis yang mungkin kita sukai dalam kopi. 

"Gula asli bisa baik-baik saja dalam jumlah sedang, tetapi saya selalu merekomendasikan mengukur gula yang  ditambahkan," ujar dia. 

3. Pakai bahan-bahan alami 

Apabila kita ingin menambahkan krimer, pemanis atau perasa lain di dalam kopi, sebaiknya pakailah bahan-bahan yang lebih alami. Jadi mengapa tidak hanya memilih hal yang asli, natural? 

Ahli diet terdaftar, Kelsey Lloyd, MS, RD, LDN mengatakan, jika vanilla latte adalah favorit, pilihlah vanili yang natural. 

Kita juga dapat menggunakan madu atau sirup maple untuk mempermanis cangkir kopi. 

4. Tambahkan rempah-rempah 

Cara paling mudah untuk menambahkan rasa tanpa kalori dan gula ekstra adalah dengan menggunakan rempah-rempah. Masukkan beberapa rempah seperti kayu manis, pala, lavender untuk makanan, atau rempah lainnya ke bubuk kopi sebelum diseduh. 

Menempatkan rempah-rempah tersebut sebelum menyeduh dapat membantu menanamkan rasa yang kaya pada kopi. 

5. Pilih krimer tanpa susu 

Terlalu banyak kandungan susu di dalam kopi membuatnya jadi tidak sehat. Oleh sebab itu, jika ingin menambahkan krimer, pilih yang tanpa susu. Walsh mengatakan, saat ini banyak krimer nabati yang dibuat dengan susu almond yang sudah diformulasikan. Sehingga, krimer dapat menjadi lebih rendah kalori dan lemak. 

"Sering kali ada banyak rasa menyenangkan untuk dipilih. Favorit kami termasuk krimer rempah-rempah dan labu non-susu," ungkap dia. 

6. Gunakan gula rendah kalori 

Menambahkan gula ke dalam kopi memang bukanlah cara yang sehat. Namun, jika tetap ingin menambahkan gula, cobalah gunakan gula rendah kalori. 
Beberapa jenis pemanis alami rendah kalori seperti stevia dapat menjadi alternatif untuk kopi yang lebih sehat. 

"Memilih pemanis alami rendah kalori, seperti stevia atau tanaman luo han kuo adalah cara yang bagus untuk mempermanis kopi menambahkan kalori berlebih," saran Walsh. 

7. Jangan minum kopi saat perut kosong 

Studi yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences pada tahun 2017 mengungkap, kopi dapat menciptakan lebih banyak asam lambung. 
"Terkadang keasaman kopi dapat mengganggu perut ketika tidak ada yang lain dalam sistem pencernaan kita," kata Lloyd. 

Selain itu, minum kopi sebelum sarapan juga dapat menyebabkan gula darah kita melonjak setelah tidur malam dengan kualitas yang buruk. 

8. Pakai sedikit sirup 

Membuat kopi di rumah adalah cara terbaik untuk memastikan kita tahu persis apa yang terjadi di dalamnya. Tetapi jika kita memesan di kedai kopi, buat pilihan kita sederhana dan menyehatkan. 

"Perlu diingat, bahwa perasa biasanya berbasis sirup dan tinggi gula. Sebaiknya minta sedikit tambahan sirup atau hanya satu kali pompa saja," ujar Walsh. [**]
 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT