Tips Mengendarai Motor untuk Wanita Agar Aman

Selasa, 19 Januari 2021 - 21:02:50 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Zaman sekarang, tak sedikit wanita yang memilih untuk mengendarai sepeda motor sebagai kendaraan harian. Sayangnya, banyak wanita yang masih abai dengan keselamatannya saat berkendara. Padahal, potensi bahaya atau kecelakaan dalam berkendara dapat muncul kapan saja. Maka itu setiap pengendara perlu memerhatikan apa saja yang dapat memicu terjadinya kecelakaan. 

Hampir sebagian besar wanita menggunakan motor matik atau skuter matik (skutik), karena lebih mudah dan praktis saat dikendarai. Namun, ada juga yang memilih untuk mengendarai motor bebek atau motor sport. 

Apapun tipe motornya, pengendara wanita tetap wajib paham dan memerhatikan keamanan dan kenyamanannya. Setidaknya ada empat tips yang
perlu diperhatikan, di antaranya: 

1. Perlengkapan Berkendara 

Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (DAM), mengatakan, perlengkapan berkendara yang wajib digunakan meliputi dari helm, jaket, dan sarung tangan. “Jangan sampai mengabaikan perlengkapan berkendara tersebut karena dapat melindungi pengendara,” ujar Ludhy, dalam keterangan resminya. 

Helm berfungsi melindungi rahang dan otak belakang bila terjadi benturan pada kepala. Lalu, jaket berfungsi untuk menahan terpaan angin pada saat berkendara dan membantu mengurangi bila terjadi gesekan pada kulit saat terjatuh. Selain itu, sarung tangan juga membantu memberikan kenyamanan pada bagian hand grip atau setang kemudi. 

2. Kelengkapan Surat Berkendara 

Persiapan berkendara lainnya adalah memastikan surat-surat penting seperti STNK, SIM, KTP lengkap dan masih berlaku sesuai aturannya. 

“Hal ini sangat penting apabila saat di perjalanan ada pemeriksaan dari pihak kepolisian atau terjadi sesuatu di jalan raya,” kata Ludhy. 

3. Tidak Menggunakan Sepatu Hak Tinggi 

Jika ingin nyaman saat berkendara dan tidak menyebabkan bahaya pada diri sendiri, pilihlah alas kaki senyaman mungkin. Ludhy mengatakan, bisa menggunakan flat shoes atau sneakers. 

Hindari memakai sepatu hak tinggi seperti wedges, heels, dan sejenisnya. Menurutnya, penggunaan sepatu jenis tersebut akan memengaruhi
keseimbangan dalam mengendarai motor di jalan raya. 

4. Hindari Memakai Rok 

“Sangat tidak dianjurkan bagi wanita yang mengendarai sepeda motor dengan memakai rok. Apalagi rok ketat yang dapat mempengaruhi rentang kaki Anda saat berada di jalur lambat yang sewaktu-waktu bisa saja berhenti mendadak,” ujar Ludhy. 

Pengendara juga tentu harus menghindari rok tersingkap ketika di tempat umum karena angin akan terasa lebih kencang pada saat naik motor.

“Jika mengharuskan memakai rok saat di tempat tujuan, ada baiknya pakai dulu celana panjang yang nyaman dipakai dan dapat menggantinya di toilet terdekat,” kata Ludhy. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT