Hindari 3 Kesalahan Pemilihan Cat Dinding 

Senin, 18 Januari 2021 - 20:23:01 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Menjaga dinding tetap bersih dan terbebas dari kotoran, debu, maupun goresan tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para pemilik rumah. Namun, menjaga dinding rumah tetap mengilap dengan cara rutin membersihkannya nyatanya juga dapat meninggalkan noda. Padahal, kunci agar dinding tetap terjaga kebersihannya terletak pada cat yang digunakan. 

Jika salah memilih cat, Anda akan menemui berbagai permasalahan di dinding seperti jauh lebih kotor dan sulit dibersihkan. Lantas, apa saja kesalahan yang membuat hal itu terjadi? 

Berikut cara memilih cat: 

1. Memilih warna cat terlalu terang 

Jika Anda memilih warna cat terlalu terang, hal itu akan membuat dinding terlihat kotor, contohnya putih. Dengan memilih warna cat putih di dinding, Anda akan bersiap-siap menemui risiko noda terlihat lebih menonjol. Oleh karena itu, Manajer Pemasaran Warna Cat PPG Dee Schlotter menyarankan untuk memilih warna-warna hangat. 

"Warna hangat dapat membantu menyembunyikan noda di area (dinding) yang paling sering dilintasi," ucap Dee.  

2. Membeli cat terlalu murah 

Untuk mendapatkan dinding berkilau dan bersih, menggunakan cat berkualitas tinggi merupakan suatu keharusan, meski harganya terbilang cukup mahal. 
Menurut Manajer Pengembangan Lapangan Benjamin Moore Mike Mundwiller mengatakan hal itu seperti dikutip dari Better Homes & Gardens, Senin (18/1/2021). 

"Kualitas produk yang digunakan akan memengaruhi hasil dan membuat perbedaan dramatis pada dinding," ucap Mike. 

Mike menyarankan agar ruang di rumah yang paling membutuhkan daya tahan tinggi seperti dapur dan kamar mandi perlu menggunakan cat premium agar lebih tahan lama. 

3. Tidak membersihkan dinding dengan benar sebelum mengecat 

Pekerjaan persiapan adalah kunci untuk mencapai hasil akhir yang rapi dalam mengecat dinding. Oleh karena itu, membersihkan dinding terlebih dahulu sebelum mengecat merupakan hal penting untuk dilakukan.  

Caranya, cukup gunakan larutan trisodium fosfat (TSP) untuk membilas dinding dan menghilangkan debu atau kotoran sebelum mengecat. Pertimbangkan menerapkan primer atau cat dasar untuk membantu cat menempel dengan benar. Primer sangat berguna jika Anda menutupi noda di permukaan, seperti air atau asap. [**]
 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT