7 Tanaman Hias bagi Pemula yang Mudah Dirawat

Ahad, 17 Januari 2021 - 23:51:20 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Tanaman hias tak sekadar mempercantik tampilan rumah. Keberadaannya juga dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan agar menjadi lebih bersih dan segar.

Terdapat jenis tanaman hias untuk pemula yang memiliki manfaat tersebut dan minim perawatan.

Tanaman hias ini juga cocok bagi Anda yang sibuk lantaran sering bepergian. Jadi meski ditinggal beberapa waktu, tanaman hias berikut tidak mudah mati, namun tetap menjaga kebersihan udara dalam rumah atau ruangan Anda.

Saat memilih tanaman dengan perawatan yang sederhana, utamakan tanaman dengan daun berwarna hijau tua karena tanaman ini paling mampu beradaptasi meski kurang dapat sinar matahari dan cenderung tak banyak membutuhkan air.

Selain itu, tanaman berdaun hijau tua dapat dengan mudah ketahuan jika kurang air, yakni kentara dari daun yang berubah sedikit layu dan tanahnya mengering.

Berikut 7 tanaman hias terbaik yang cocok untuk pemula maupun bagi Anda yang sibuk, lantaran tak perlu perawatan yang ekstra dan tak perlu banyak-banyak disiram, mengutip Plants.com.

1. Peace Lily
Peace lily memiliki daun hijau tua yang lebar dan bunga putih yang menawan. Tanaman hias satu ini tak hanya memberikan kesan hidup pada rumah maupun kantor, tapi juga mampu menyaring udara kotor.

Tanaman yang berasal dari hutan hujan tropis Amerika ini dapat tumbuh hingga 50-100 cm. Bunga peace lily tumbuh sangat baik di tempat yang lebih gelap seperti kantor, kamar tidur, maupun kamar di rumah sakit.

Meski demikian, bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan wajib berhati-hati. Sebab peace lily dapat beracun bagi kucing dan anjing jika daunnya dimakan.

Tanaman ini mengandung oksalat yang dapat mengiritasi mulut dan perut hewan serta menghambat saluran napasnya, bahkan sejak gigitan pertama.

Untuk itu, tempatkan peace lily jauh dari jangkauan peliharaan. Atau bisa juga menaburkan bubuk kopi di atas tanah pada pot peace lily agar kucing dan anjing enggan mendekat.

2. Palem
Tanaman yang identik tumbuh di wilayah beriklim tropis ini dapat menciptakan perasaan damai dan rileks kepada pemiliknya. Bentuknya yang eksotis, hijau, dan daun bercabang ini memberikan kesan berani jika diletakkan di sudut rumah.

Pohon palem merupakan tanaman yang kuat di berbagai kondisi, bahkan palem dengan spesies tertentu mampu hidup sampai 100 tahun.

Jenis palem yang banyak digemari antara lain palem kipas (chinese fan palm), palem bambu (areca palm), cascade palm, palem parlor (parlor palm), nolina (ponytail palm), dan penawar jambe (sago palm).

3. Sansevieria
Sansevieria atau lidah mertua memiliki daun menyerupai pedang yang runcing. Arah tumbuh daunnya memanjang tinggi ke atas dengan warna kehijauan, menambah kesan interior rumah Anda menjadi lebih tegas namun tetap manis.

Perawatan lidah mertua juga tak rumit. Tanaman ini cukup bandel dan mudah beradaptasi dengan hampir semua kondisi, termasuk cahaya redup. Anda pun cukup menyiramnya saat tanah mulai kering ketika disentuh.

Selain itu, tanaman ini juga mampu menyerap racun melalui daunnya dan menghasilkan oksigen murni. Sehingga menjadikan sansevieria sebagai tanaman hias yang ideal diletakkan di kamar tidur maupun kamar mandi.

Apabila sebagian besar tumbuhan lain melepaskan karbon dioksida pada malam hari, sansevieria justru terus-menerus menghasilkan oksigen.

4. ZZ
Zamioculcas zamiifolia atau ZZ adalah tanaman daun indoor yang toleran terhadap kondisi kering maupun minim cahaya. Tanaman dengan nama lain pohon dolar ini memiliki ciri daun hijau pekat mengilap dengan tinggi rata-rata 30-90 cm.

Karena minim perawatan, ZZ cocok menjadi tanaman hias untuk pemula. Ukurannya yang tak terlalu tinggi juga pas dijadikan sebagai hiasan meja atau ditaruh di pot untuk diletakkan di lantai.

5. Lidah buaya
Lidah buaya atau aloe vera adalah jenis tanaman sukulen yang mudah perawatannya dan cocok untuk mempermanis ruangan. Tanaman lidah buaya juga punya banyak manfaat.

Antara lain dikenal mampu menjernihkan udara, sedangkan gel yang berasal dari daunnya dapat digunakan untuk mengurangi iritasi dari goresan atau luka bakar.

Tanaman ini menyukai panas dan matahari, serta minim perawatan. Jenis lidah buaya yang cukup banyak digemari antara lain partridge-breasted aloe, lace aloe, dan blue aloe.

6. Monstera
Tanaman monstera alias janda bolong disebut-sebut sebagai salah satu tanaman hias termudah yang pernah ada. Tanaman hias kekinian ini dapat ditemukan dalam berbagai bentuk dan ukuran. Jenisnya yang paling banyak digemari adalah Monstera Deliciosa.

Tanaman ini banyak digemari lantaran warna hijau cerah dan bentuk daun yang unik. Atas alasan itulah, monstera banyak digunakan untuk mempercantik sudut rumah, apartemen, maupun kantor.

Anda cukup taruh monstera di ruangan yang terang dengan pencahayaan cukup, lalu sirami ketika permukaan tanah mengering.

7. Dieffenbachia
Dieffenbachia dikenal dengan sebutan daun bahagia atau bunga bahagia. Keindahannya berasal dari bentuk dan warna daunnya yang bervariasi, yakni hijau dengan bercak-bercak hijau muda atau kuning.

Tanaman hias daun ini biasa ditanam di pekarangan, tapi juga bisa ditaruh dalam pot sebagai hiasan ruangan. Dieffenbachia akan tumbuh subur di suhu yang agak hangat.

Jadi apabila ingin menaruhnya di dalam rumah, hindari menempatkan si daun bahagia di dekat jendela atau ventilasi AC. Anda cukup menyiramnya ketika tanah terlihat kering. Namun Dieffenbachia sesekali perlu ditaruh di ruang terbuka agar mendapat sinar matahari cukup.

Warna daun tanaman hias untuk pemula ini akan cenderung gelap bila ditempatkan dalam ruang atau di bawah naungan, namun menjadi terang cerah di bawah sinar matahari. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT