Menata Tanaman di Dalam Rumah Terlihat Indah 

Jumat, 08 Januari 2021 - 16:18:12 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Sebenarnya tidak ada aturan baku dalam menempatkan tanaman hias di dalam rumah. Kita bisa meletakkannya di mana saja untuk mempercantik sebuah ruangan. Namun, jika kita ingin tanaman yang sehat, indah, dan berumur panjang, ruangan dengan sinar matahari yang cukup adalah syarat paling utama. 

Semua tanaman membutuhkan cahaya, tetapi jumlahnya sangat bervariasi. Beberapa tanaman, termasuk jenis kaktus dan succulents hanya membutuhkan sinar matahari yang intensitasnya sedang. 

Jenis tanaman lain yang juga membutuhkan minim cahaya antara lain english ivy, sirih gading, pakis suplir atau maidenhair fern, lidah mertua, maranta red prayer plant, dan lucky bamboo. Cahaya terang dan tidak langsung dari jendela yang menghadap ke timur baik untuk banyak tanaman. 

Oleh karena itu, apabila jendela kita menghadap ke barat atau selatan, kita mungkin perlu menjauhkan tanaman dari jendela dan melembutkan intensitasnya dengan tirai yang tipis. 

Perlu diingat, bahwa minim cahaya bukan berarti tidak ada cahaya sama sekali. Jadi, jika kamar kita terlalu gelap, tambahkan cahaya dengan lampu tanaman yang dapat menambah suasana. Tak hanya pencahayaan, persoalan drainase juga penting untuk semua tanaman, kecuali kita menanam tanaman air. 
Sebab, setiap pot harus memiliki lubang drainase di dasarnya. Kalau kita tidak tahan dengan pot yang indah dan tidak ingin mengambil risiko untuk mengebor lubang, masukkan tanaman ke dalam wadah biasa dengan lubang drainase, lalu taruh di dalam pot yang dekoratif. 

Pastikan wadah di bagian dalam tidak pernah terendam air. Terlalu banyak air yang terserap melalui lubang bisa menyebabkan tanaman membusuk.

Penempatan tanaman yang estetis 

Menempatkan tanaman di sekeliling dan menjauhi bagian tengah ruangan dapat membuat ruang tampak lebih besar. Misalnya, letakkan tanaman di rak, kusen jendela, atau di sudut. Kita juga bisa memanfaatkan tanaman gantung yang estetis, tetapi penting untuk menemukan tempat terbaik. 

Jangan menggantung tanaman di tempat yang bisa membuat kepala terbentur. Atau, kita dapat memanfaatkan area kosong yang tidak mengganggu seperti di atas lemari untuk menaruh tanaman dan ruangan di kamar mandi. Jika tanaman sejajar dengan mata, tutupi campuran pot dengan batu hias atau kerikil sebagai hiasan. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT