Latihan Ini Dinilai Efektif Bikin Perut Rata 

Rabu, 06 Januari 2021 - 00:05:44 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Banyak orang yang ingin memiliki perut rata, baik pria maupun wanita. Kunci utama mendapatkan perut rata adalah mengatur pola makan. Tapi di sisi lain, ada latihan yang mampu mengeraskan dan mengubah perut. Bahkan bisa membuat perut menjadi six pack. 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh American Council on Exercise (ACE) ada tiga latihan yang paling efektif untuk membentuk otot perut. Baca juga: Jennifer Lopez Pamerkan Otot Perut Saat Pakai Sport Bra 

1. Bicycle crunch 

Bicycle crunch adalah latihan otot perut yang paling efektif. Untuk melakukan latihan ini, cobalah berbaring telentang di atas matras yoga dengan kaki terangkat dan lutut ditarik ke arah dada. Ujung jari tangan harus diletakkan di belakang telinga. Lalu lakukan gerakan seperti mengayuh sepeda. 
Agar core (inti tubuh) terimbas, gerakkan tulang belikat yang berlawanan arah ketika satu kaki terangkat. Pastikan siku mencapai kaki. 

2. Captain's chair 

Captains Chair Latihan ini memerlukan peralatan gym yakni captain's chair. Cara menggunakannya adalah biarkan kaki menjuntai lurus ke bawah, sebelum mengangkat lutut ke arah dada. Kemudian tarik lutut ke arah tulang belakang untuk melibatkan otot perut. 

Setelah itu turunkan kaki secara perlahan. Baca juga: Ingin Punya Six Pack? Ini 8 Cara Membentuk Otot Perut Ulangi gerakan beberapa kali. Latihan ini merangsang perut dan otot oblique. 

3. Crunch dengan bola keseimbangan STOCK 

Crunch di atas medicine ball Latihan perut paling efektif yang ketiga adalah crunches dengan bola keseimbangan (medicine ball). Gerakan ini hampir sama seperti sit-up pada umumnya. 

Crunch termasuk latihan yang bisa membentuk otot perut. Namun gerakan yang dilakukan di atas bola keseimbangan akan melibatkan inti dengan lebih baik. 

Untuk melakukan latihan ini, berbaringlah di atas bola dengan tangan di belakang kepala. 

Kemudian lakukan gerakan crunch. Menurut para peneliti, meskipun aktivitas di bagian perut lebih sedikit, tapi gerakan ini menargetkan pembentukan otot yang lebih tepat.

Latihan ini sangat efektif karena membutuhkan keseimbangan yang melibatkan otot perut lebih kecil. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT