Waspada, Ini Tempat Favorit Nyamuk di Rumah 

Kamis, 24 Desember 2020 - 22:03:21 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Nyamuk merupakan serangga yang menganggu bahkan beberapa spesiesnya bisa menyebabkan penyakit yang mematikan. Serangga ini biasanya muncul dan banyak di musim panas. 

Berbahayanya, serangga ini bisa berada di sekitar rumah, atau bahkan di dalam rumah. Dilansir dari Reader's Digest, Kamis (24/12/2020), menurut American Mosquito Control Association (AMCA), umur serangga ini sangat bervariasi tergantung dari spesies, dengan mayoritas nyamuk betina dewasa hanya hidup dua hingga tiga minggu. 

Selain itu, jenis lain diketahui bertahan di tempat-tempat seperti garasi dan loteng hingga enam bulan. Salah satu pertanyaannya adalah, mengapa nyamuk memasuki rumah? Alasannya, nyamuk tertarik pada karbon dioksida, yang berarti mereka sering masuk ke dalam rumah untuk mencari makanan. 
Lantas, di mana nyamuk biasanya bersembunyi di dalam rumah? Serangga ini akan menempati setiap sumber kelembapan di setiap ruangan di dalam rumah dan di sudut-sudut ruangan. Selain itu, ada beberapa tempat di dalam rumah yang bisa berpotensi menjadi tempat persembunyian nyamuk, sebagai berikut.  

1. Pot dan tanaman 
Menambahkan tanaman dalam pot ke rumah Anda dapat memberikan tampilan segar dan memberikan pemurnian udara alami yang konstan. Banyak orang cenderung menempatkan pot ini di atas nampan di dalam ruangan agar terlihat alami. 

Namun, air yang menetes keluar dari pot dan terkumpul di nampan, bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk, terutama jika tetap di sana selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Untuk mencegahnya, singkirkan air yang telah terkumpul di dalam pot, serta bersihkan pot secara berkala. 

2. Talang air 
Talang berfungsi untuk membuang kelebihan air kotor dari rumah, namun sebenarnya hal ini akan menyediakan tempat yang tepat bagi nyamuk dan serangga lainnya untuk berkembang biak.

Untuk mencegahnya pastikan talang di sekitar rumah atau taman bebas dari kotoran yang dapat menghalangi jalannya air. Lalu bersihkan secara rutin dan buang daun-daun kering di sekitarnya.Ini diperlukan untuk membuang kelebihan air kotor dari rumah Anda dan sekitarnya.  Namun, mereka juga menyediakan tempat yang tepat bagi nyamuk dan serangga lainnya untuk berkembang biak. 

3. Kamar mandi 
Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi kamar mandi dapat menjadi penyebab berkembang biaknya nyamuk. Area ini memiliki kelembaban paling tinggi di dalam rumah sehingga mernjadi tempat yang paling disukai oleh nyamuk. Apalagi jika kamar mandi menggunakan bak mandi, akan memperbesar kemungkinan nyamuk berkembang biak. 

Untuk itu, jika kamar mandi menggunakan bak, bersihkanlah secara rutin dan hindari membuat genangan air di dalam kamar mandi. [**]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT