Tips Sejukan Ruangan Tanpa AC, Bikin Hemat Listrik 

Kamis, 03 Desember 2020 - 23:57:31 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Meski membuat ruangan terasa sejuk, menyalakan pendingin ruangan atau AC sepanjang hari bisa membuat kantong cepat bolong di akhir bulan. Namun, ruangan juga bisa tetap sejuk tanpa AC lho.

Selama masa pandemi seperti ini, Anda mungkin lebih sering menggunakan AC agar tetap merasa nyaman, terutama ketika harus bekerja dari rumah. Konsekuensinya, tagihan listrik pun tiba-tiba melonjak.

Mau tak mau, Anda tentu harus mengurangi pemakaian AC demi memangkas pengeluaran bulanan. Kendati demikian, Anda tetap dapat merasakan kesejukan di ruangan walau AC dimatikan.

Berikut tips menyejukkan ruangan tanpa AC seperti dilansir dari CNNIndonesia.com:

1. Pasang tirai
Sinar matahari, selain baik untuk kesehatan fisik dan emosional, juga dapat mengundang banyak panas dan kehangatan ke dalam rumah Anda.

Belilah tirai anti tembus pandang atau kerai yang menahan sinar matahari sepenuhnya dan tutup pada saat-saat terpanas hari itu, biasanya antara pagi hingga sore hari.

Pilih yang berwarna terang karena warna terang memantulkan cahaya sementara warna yang lebih gelap menyerap cahaya.

Jika Anda memang membutuhkan sedikit sinar matahari, buka jendela yang tidak langsung menghadap matahari, misalnya tidak menghadap ke arah barat.

2. Tempelkan kaca film surya
Tips menyejukkan ruangan tanpa AC berikutnya adalah penggunaan kaca film surya. Jika memasang tirai terasa mengganggu pemandangan Anda, pertimbangkan untuk membeli kaca film surya dan tempelkan ke jendela Anda. Ini dirancang untuk memantulkan atau menyerap panas tanpa menghalangi pandangan.

3. Pasang kipas angin kamar mandi
Salah satu area rumah yang paling lembab adalah kamar mandi, karena sering kali basah. Apalagi jika ditambah dengan pancuran air panas.

Udara lembab dari kamar mandi akan masuk ke rumah dan membuatnya terasa tidak sejuk. Untuk mengatasi hal ini, belilah kipas angin kamar mandi yang akan membantu menyedot semua udara lembap dari kamar mandi ke luar, serta membantu menjaga ruangan Anda tetap sejuk dan kering.

4. Hiasi dengan tanaman
Ruang hijau kerap terasa jauh lebih sejuk karena tanaman menyerap panas secara alami untuk fotosintesis. Coba pertimbangkan untuk mendandani ruangan Anda dengan sejumlah tanaman hias.

Pilih tanaman tinggi dengan daun besar dan lebat serta tanaman yang menyukai banyak sinar matahari sehingga Anda dapat menemukannya di dekat jendela untuk memberikan keteduhan ekstra. Tanaman yang menyukai matahari termasuk lidah buaya dan tanaman monstera yang populer.

5. Gunakan seprai katun atau linen
Tips menyejukkan ruangan tanpa AC terakhir, hindari sutra atau bahan poliester lainnya ketika harus memilih bahan seprai tempat tidur karena ini memerangkap panas dan kelembapan (keringat).

Gunakan bahan seperti katun dan linen, yang lebih adem dan memungkinkan panas menghilang, serta membuat Anda merasa sejuk sepanjang malam. ***
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT