5 Tanaman Hias Terpopuler dari Keluarga Talas

5 Tanaman Hias Terpopuler dari Keluarga Talas

Metroterkini.com - Tanaman dari keluarga talas belakangan tengah populer menjadi tanaman hias. Mulai dari Monstera atau janda bolong, Aglonema, serta yang terbaru Caladium atau keladi.

Tanaman keluarga talas memiliki nama ilmiah Araceae. Kelompok tanaman ini merupakan tumbuhan monokotil dengan ciri khas bunga majemuk bertipe tongkol yang dikenal dengan spatha.

Famili Araceae memiliki 114 genus dengan sekitar 3750 spesies termasuk bunga majemuk tunggal terbesar di dunia yakni bunga bangkai raksasa.

Tanaman keluarga talas ini juga memiliki sejumlah kegunaan. Jenis Alocasia, Colocasia, dan Amorphophallus dapat dimakan umbinya. Sebagian lain menjadi tanaman hias karena keindahannya dan lainnya menjadi gulma.

Berikut 5 jenis tanaman dari keluarga talas yang populer menjadi tanaman hias.

1. Monstera
Monstera merupakan tanaman hias keluarga talas yang viral karena keunikan bentuk daunnya. Sebagian daun Monstera dapat bolong-bolong seperti Monstera adansonii yang juga dikenal dengan janda bolong.

Adapula Monstera variegata dengan percampuran warna hijau dan putih serta bentuk daun yang tidak beraturan.

2. Caladium
Caladium atau keladi juga banyak dicari untuk menghiasi pekarangan rumah dan sudut ruangan. Caladium memiliki bentuk daun seperti anak panah dengan perpaduan warna merah, hijau, dan putih.

Beberapa jenis keladi yang populer adalah Caladium candidum dan Caladium green spider.

3. Aglonema
Aglonema atau dikenal dengan Sri Rezeki juga memiliki paduan warna yang indah antara hijau, merah, dan putih. Beberapa Aglonema yang banyak dicari adalah Aglonema modestum, Aglonema red peacock, dan Aglonema Sultan Brunei.

4. Anthurium
Anthurium dikenal juga dengan kuping gajah yang memiliki bentuk daun yang unik seperti kuping gajah. Anthurium merupakan tanaman dengan genus terbanyak dalam keluarga Araceae.

Selain menjadi tanaman hias, bunga Anthurium juga dijadikan bunga potong.

5. Bunga lili
Bunga lili dengan nama ilmiah Spathiphyllum juga termasuk keluarga Araceae. Daun dan bunga yang cantik membuat lili selalu jadi primadona dari waktu ke waktu. Bunga lili juga banyak dijadikan sebagai bunga potong.

Usai mengetahui ragam jenis ini, Anda dapat melengkapi koleksi tanaman hias keluarga talas-talasan di rumah. [**]

Berita Lainnya

Index