Jejak Rencana Kepulangan HRS ke Indonesia

Rabu, 04 November 2020 - 14:35:53 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab hari ini mengumumkan jadwal kepulangannya ke Indonesia. Sebelum akhirnya mengumumkan sendiri kepulangannya, Habib Rizieq berkali-kali dikabarkan akan pulang dari Arab Saudi.

Dilansir dari detikcom, hingga Rabu (4/11/2020), Habib Rizieq sudah enam kali dikabarkan akan pulang ke Tanah Air. Habib Rizieq sudah di Arab Saudi sejak April 2017. Sebelumnya, dia belum bisa pulang karena terganjal masalah overstay visa dan isu pencekalan.

Kabar terbaru soal kepastian kepulangan Habib Rizieq disampaikan menantunya, Habib Hanif Alatas. Ia menyebut surat izin keluar Habib Rizieq dari Arab Saudi telah diterbitkan dan akan segera pulang ke Indonesia.

"Ada kabar gembira dari Makkah Al Mukaromah, alhamdulillah berkat kita aksi, Allah SWT bela Imam Besar," kata Hanif dalam orasi penutup demo FPI dkk di Kedubes Prancis, Jakarta Pusat, Senin (2/11).

Hari ini Habib Rizieq mengumumkan sendiri jadwal kepulangannya ke Indonesia dan direncanakan akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng pada Selasa, 10 November 2020.

Berikut ini jejak kepulangan Habib Rizieq hingga tiket kepulangan sudah di tangan:

12 Juni 2017

Habib Rizieq pertama kali dikabarkan akan segera pulang ke Tanah Air pada Juni 2017. Habib Rizieq disebut akan tiba di Indonesia pada 17 Ramadhan atau 12 Juni.

"Ya, mungkin beliau akan pulang tanggal 17 Ramadhan," kata juru bicara DPP FPI Slamet Maarif saat dimintai konfirmasi, 3 Juni 2017.

Slamet mengatakan tidak ada permintaan khusus dari Habib Rizieq kepada pihak kepolisian terkait kepulangan ini. "Nggak ada," ujarnya. Namun Habib Rizieq tak juga kunjung pulang.

17 Agustus 2017

Dua bulan kemudian, Habib Rizieq dikabarkan berencana pulang lagi. Ia disebut ingin menghadiri perayaan hari lahir Front Pembela Islam (FPI) pada 17 Agustus.

"Ada keinginan untuk pulang, kalau bisa sih sebelum tanggal 17 Agustus agar bisa ikut milad FPI yang ke-19," kata kuasa hukum FPI Sugito Atmo Pawiro saat dihubungi detikcom, 24 Juli 2017.

Saat itu, FPI menyatakan akan mencoba berkomunikasi lebih dulu dengan kepolisian agar kasus yang menjeratnya dihentikan. Dia berharap ada solusi terbaik antara pihak Rizieq dan kepolisian sebelum kepulangan tersebut. Singkat cerita, kepulangan Habib Rizieq batal terealisasi.

2 Desember 2017

Habib Rizieq kembali dikabarkan akan pulang dalam reuni aksi pada Sabtu, 2 Desember 2017, di Lapangan Monas, Jakarta Pusat. Dalam kegiatan itu, Habib Rizieq dijadwalkan akan hadir.

"Iya pagi ini saya komunikasi dengan Habib Rizieq dan Habib Rizieq minta saran saya apakah datang atau tidak. Saya bilang harus datang. Datang ke Indonesia, insyaallah," kata Kapitra Ampera, yang saat itu merupakan pengacara Habib Rizieq, 26 November 2017.

Lagi-lagi, kabar kepulangan Habib Rizieq tidak terealisasi untuk ketiga kalinya. Rizieq masih tetap di Saudi.

21 Februari 2018

Beredar foto e-ticket atas nama Rizieq dengan tanggal kepulangan 21 Februari 2018. Di situ tertulis bahwa Habib Rizieq akan tiba pada pukul 09.00 WIB.

Dalam e-ticket itu tertulis Muhammad Rizieq Syihab akan naik maskapai Saudi Arabian Airlines dari Bandara Internasional King Abdulaziz, Jeddah, pada 20 Februari 2018. Pihak FPI sempat mengkonfirmasi. "Iya benar," kata Sekjen DPP FPI kala itu, Novel Bamukmin, 16 Februari 2018.

Pada saat hari-H, jemaah yang ingin menyambut sang habib sudah berkumpul di sekitar area parkir Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten. Habib Rizieq mengumumkan dirinya batal pulang karena belum mendapat petunjuk dari Allah.

"Jadi hari ini saya harus menunda dulu kepulangan saya karena harus menunggu isyarah sehingga pulang di waktu yang tepat dan saya akan tetap istikharah mohon petunjuk Allah SWT agar dapat bisyarah dan bisa," kata Habib Rizieq lewat rekaman telepon yang diperdengarkan di Masjid Baitul Amal.

13 Oktober 2020

Pada momen demonstrasi menolak omnibus UU Cipta Kerja pada awal pertengahan Oktober ini, kabar bahwa Habib Rizieq hendak pulang ke Indonesia juga terdengar lagi. Ketua Umum FPI Ahmad Shabri Lubis mengumumkannya saat berorasi tolak UU Ciptaker.

"Imam besar Habib Rizieq Syihab akan segera pulang ke Indonesia untuk memimpin revolusi," kata Shabri dari atas mobil komando, Selasa (13/10) lalu.

Shabri menyebut cekal dan denda terkait Habib Rizieq di Saudi sudah dihapus. Tanpa merinci soal cekal dan denda yang dimaksud, dia menyampaikan terima kasih kepada pemerintah Arab Saudi. Namun Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengungkapkan status Habib Rizieq dalam sistem portal imigrasi Kerajaan Arab Saudi masih 'blinking merah' atau belum bisa keluar dari negara tersebut.

"Berdasarkan komunikasi kami dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi, bahwa sampai detik ini Nama Mohammad Rizieq Syihab (MRS) dalam sistem portal imigrasi Kerajaan Arab Saudi masih 'blinking merah'," kata Agus, Rabu (14/10) lalu.

26 Oktober 2020

Di media sosial Twitter, beredar video berisi tayangan Rizieq mengumumkan akan pulang ke Indonesia bersama keluarganya dalam waktu dekat. Video itu berdurasi 1 menit 30 detik.

"Doakan insyaallah secepatnya," kata Ketua DPP FPI, Slamet Maarif, saat dihubungi, Senin (26/10).

Slamet Maarif juga tidak menjelaskan secara detail terkait rencana kepulangan tersebut. Namun dia menyebut tanggal kepulangan akan disampaikan sendiri oleh Habib Rizieq.

2 November 2020

Menantu Habib Rizieq, Habib Hanif Alatas, mengungkapkan kepastian mertuanya pulang ke Indonesia. Di atas mobil komando dalam aksi demontrasi di Kedutaan Besar (Kedubes) Prancis, ia menyebut surat izin keluar Habib Rizieq dari Arab Saudi telah diterbitkan.

"Ada kabar gembira dari Makkah Al Mukaromah, alhamdulillah berkat kita aksi, Allah SWT bela Imam Besar," kata Hanif, Senin (2/11).

"Baru saja kita dikabarkan cekal beliau sudah dicabut, denda sudah dibebaskan, dan sekarang kabar gembira lagi surat izin keluarnya sudah terbit, insyaallah beliau umumkan tanggal kepulangannya. Siap sambut kemenangan?" teriaknya.

4 November 2020

Teranyar, hari ini Habib Rizieq mengumumkan rencana kepulangan dari Arab Saudi ke Indonesia. Habib Rizieq akan terbang ke Jakarta pada pekan depan.

"Insyaallah saya dan keluarga, Insyaallah hari Senin tanggal 9 November 2020 jam 19.30 waktu Saudi, akan terbang dari bandara kota Jeddah dengan pesawat Saudiya," kata Rizieq di akun YouTube Front TV, Rabu (4/11/2020).

Habib Rizieq mengatakan dirinya dan keluarga akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada 10 November 2020. Dari bandara, Rizieq dan keluarga akan langsung ke kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat.

"Insyaallah pesawat kami akan mendarat tiba di Bandara Cengkareng hari Selasa, 10 November 2020 jam 9 pagi waktu Jakarta di Terminal 3, Bandara Cengkareng, insyallah," ujar dia. [**]
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT