Tips Simpel untuk Menghilangkan Jerawat Batu

Tips Simpel untuk Menghilangkan Jerawat Batu

Metroterkini.com - Lagi pusing mikirin jerawat batu yang membandel? Meski kesal, jangan sampai jerawat batu mempengaruhi kebahagiaanmu atau malah membuatmu stres ya. Sebelum mengetahui cara mengusir jerawat batu, yuk kenali dulu apa itu jerawat batu.

Jerawat batu adalah jenis jerawat yang bisa menyebabkan kemerahan dan benjolan lembut berisi nanah di wajah. Jerawat batu bisa menimbulkan bekas berupa luka parut, kemerahan, atau bahkan lubang di wajah yang sulit hilang.

Penyebab munculnya jerawat ini adalah karena berbagai faktor seperti halnya terlalu sering memencet jerawat, efek samping obat-obatan, sinar matahari, hormon dan lainnya.

Berikut adalah 5 cara mudah dan sederhana untuk menghilangkan jerawat batu: 

Bersihkan wajah dengan rutin

Kunci utama agar bebas dari jerawat batu ialah membersihkan wajah dengan tepat. Pastikan saat membersihkan wajah, tak ada sedikit pun kotoran atau bekas make up yang tersisa. Jenis pembersih wajah yang cocok bagi penderita jerawat batu ialah yang mengandung salicylic acid. Sebab kandungan tersebut akan membantu mengangkat kelebihan minyak, mengangkat sel kulit mati, dan juga mengeringkan jerawat.

Mengompres jerawat batu dengan es mampu mengurangi kemerahan dan memperkecil ukuran jerawat. Kompreskan kain dingin atau es batu langsung ke area yang jerawat selama beberapa detik. Cara ini menjadi cara yang efektif untuk mengurangi kondisi kemerahan pada jerawat yang muncul secara tiba-tiba. Sehingga bagi kamu yang ingin jalan atau keluar rumah tak perlu khawatir, sebab jerawat bisa dikondisikan dan ditutup make up dengan baik.

Hindari memencet jerawat di wajah

Saat jerawat ada di wajah, seringkali penderita tergoda untuk memencet atau bahkan memegang jerawat tersebut. Sebab muncul perasaan senang saat berhasil mengeluarkan nanah ataupun cairan putih dari jerawat.

Padahal cara ini justru akan membuat jerawat tambah parah dan memburuk, lho! Bahkan yang lebih parah, memencet jerawat batu malah bisa membuatnya menyebar dan bertambah semakin banyak.

Jaga kebersihan tangan dan kurangi memegang wajah

Menjaga kebersihan tangan adalah salah satu cara efektif dan penting untuk mencegah dan menghilangkan jerawat batu. Sebab tangan adalah bagian tubuh yang sering memegang area wajah. Saat tangan kotor dan penuh kuman, maka bisa memperparah kondisi jerawat batu.

Untuk itu, kurangi memegang area wajah dan juga selalu jaga kebersihan tangan. Apalagi di era pandemi seperti saat ini, mencuci tangan dengan sabun tak hanya berfungsi untuk menghilangkan jerawat batu tapi juga untuk mencegah paparan virus corona.

Tunda melakukan facial scrub

Saat kamu sedang memiliki jerawat batu, sebaiknya jangan melakukan facial scrub terlebih dahulu. Sebab saat melakukan eksfoliasi wajah, kulit akan semakin meradang dan bahkan bisa meninggalkan bekas hitam. Akibatnya bekas hitam ini pun bisa bertahan lama di kulit dan susah dihilangkan.

Itulah cara mudah dan sederhana untuk menghilangkan jerawat batu. Pastikan untuk melakukannya secara konsisten ya! [**] 
 

Berita Lainnya

Index