1.857 Pelaku UMKM Di Rohul Terima Bantuan Modal Usaha

Selasa, 20 Oktober 2020 - 18:07:21 WIB
Share Tweet Instagram

Kantor Dinas Koperasi UMKM, Transmigrasi dan Tenaga Kerja

Metroterkini.com – Ribuan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Rokan Hulu terima bantuan melalui program dana hibah modal kerja dari Kementerian Koperasi dan UMKM masing-masing sebesar Rp. 2,4 juta. 

Dinas Koperasi UKM, Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Rokan Hulu mencatat sejak Mei hingga September 2020 dengan total 16.000 pelaku usaha UMKM sudah di usulkan ke pemerintah pusat. Namun hingga saat ini baru terverifikasi mendapat bantuan sebanyak 1.857 pelaku usaha.

Kepala Bidang Koperasi dan UKM, Rokhadi saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (20/10/2020) mengatakan, penerima bantuan sudah dapat mencairkan melalui kantor perbankan yang ditunjuk oleh pemerintah, .

“ Saat ini baru direalisasikan kepada 1.857 pelaku UMKM dari total 16.000 yang diusulkan sejak Mei hingga September lalu“, jelasnya.

Dikatakannya, bantuan tersebut diberikan pemerintah untuk membantu upaya pemulihan ekonomi khususnya bagi pelaku usaha mikro yang terkena dampak pandemi Covid-19.

Perihal bantuan, diakui Rokhadi banyak pelaku usaha tidak tahu dikarenakan tidak ada pemberitahuan oleh beberapa pemerintah desa. Sementara pihaknya sudah menyurati desa untuk melengkapi data pelaku UMKM untuk diusulkan.
 
“ Ya, banyak pelaku usaha mengaku tidak tahu adanya bantuan ini, penyebabnya karena tidak ada pemberitahuan dari beberapa pemerintah desa“, ucap Rokhadi.

Pemerintah melalui Kementerian Koperasi dan UKM telah menyampaikan program tersebut secara nasional dengan kuota untuk 12 juta pelaku UMKM dan harus disalurkan cepat.

Pihaknya berharap dengan adanya program pemerintah tersebut siklus pertumbuhan ekonomi di Rokan Hulu bisa menggeliat seperti sebelum masa pandemi covid-19. Sehingga pelaku usaha yang mendapat bantuan modal kerja ini bisa bergerak untuk perbaikan ekonomi masyarakat. (man)
 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT