Bagus Tak Harus Mahal, Inilah Spesifikasi Samsung Galaxy A10

Selasa, 20 Oktober 2020 - 09:32:21 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Di tengah ketatnya persaingan pasar ponsel pintar, Samsung sebagai ‘sesepuh’ di industri ini belum kehilangan kekuatannya sama sekali. Meskipun digempur dengan munculnya berbagai merek yang menelurkan begitu banyak produk dengan fitur terbaru dan tercanggih namun Samsung bertahan dengan cara mengikuti trend teknologi yang sedang digemari tanpa menurunkan kelasnya, misalnya dengan diluncurkannya Samsung A10 pada Maret 2019 yang lalu.

Sebagai senior di bidang teknologi, Samsung berhasil mencuri perhatian publik dengan menghadirkan ponsel pintar seri A yang terbilang terjangkau soal harga namun dengan fitur dan spesifikasi yang tak main-main di kelasnya. Jika kebetulan saat ini Anda sedang mencari smartphone untuk kebutuhan komunikasi harian sekaligus menjadi pendukung penampilan yang berkelas, maka info seputar spesifikasi dan fitur Samsung A10 berikut ini wajib Anda simak.

Bobot ringan nyaman dipegang

Pernahkah Anda merasa lelah setelah memegang ponsel pintar dalam waktu lama untuk menelpon? Atau mungkin Anda justru malas memegang gawai tersebut terlalu lama karena bobotnya yang dirasa kurang pas dalam genggaman? Hal ini tidak akan terjadi jika Anda menggunakan Samsung A10. Ketika di pasaran bobot ponsel pintar ada di kisaran 180an gram, Samsung berani tampil beda dengan menghadirkan ponsel pintar dengan layar sebesar 6,2 inch dan bobot 168 gram yang tentunya ringan dan membuat Anda betah berlama-lama menggenggamnya. Saat harus bekerja di ponsel pintar, misalnya membalas email atau membuat suatu desain, Anda jadi bisa menyelesaikannya tanpa merasa tak nyaman dengan ponsel yang berat.

Meskipun bobotnya ringan, jangan khawatir Samsung A10 mudah tergelincir dari tangan. Samsung yang merupakan ahlinya ponsel pintar sejak bertahun-tahun yang lalu memertimbangkan segala hal termasuk keamanan gawai saat berada di tangan pengguna, dan itulah alasannya mengapa Samsung seri ini memiliki bodi belakang yang terbuat dari plastik mengilap yang kesat sehingga tak mudah tergelincir ketika dipegang. Ringan dan aman, dua kualitas ini saja sudah layak menjadi alasan bagi Anda untuk segera berpindah ke Samsung A10.

Pilihan slot SIM membebaskan Anda memilih

Beberapa tahun terakhir, ponsel pintar keluaran terbaru pasti dibekali dengan slot dual SIM yang berarti Anda bisa menggunakan dua kartu sekaligus dalam satu perangkat. Dengan spesifikasi ini Anda dimudahkan untuk bisa menikmati layanan dari lebih dari satu penyedia layanan komunikasi tanpa direpotkan membawa 2 ponsel. Sayangnya, tak semua orang berpikir demikian. Ada juga lho, pengguna smartphone yang cinta kesederhanaan dengan tetap menggunakan satu kartu saja dari dulu hingga sekarang karena merasa ribet jika memiliki 2 nomor. Tentu saja jika dua slot tersebut hanya difungsikan satu, hal ini tak akan memberikan dampak negatif apapun. Tapi jika Anda diberikan dua pilihan single atau dual bukankah akan lebih menyenangkan karena sesuai kebutuhan?

Detail kecil semacam ini menjadi perhatian Samsung A10 sehingga Anda diberikan 2 pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan, apakah lebih suka menggunakan satu atau dua kartu dalam ponsel pintar tersebut. Jika memilih jenis satu slot, kini Anda tak perlu merasa membuang spesifikasi dengan percuma hanya karena tak suka memiliki dua nomor. Pun demikian jika memang Anda membutuhkan dua kartu berbeda untuk provider internet maupun kebutuhan lainnya, keinginan Anda ini terakomodasi dengan baik oleh Samsung A10.

RAM besar, memori fleksibel

Salah satu aspek yang sangat dipertimbangkan ketika sedang mencari ponsel pintar masa kini adalah besarnya RAM yang diberikan karena berhubungan dengan kecepatannya dalam ber-multitasking dan juga melakukan aktivitas lainnya tanpa hambatan. Sebagai ponsel kelas menengah, Samsung A10 ternyata tidak pelit lho ketika berbicara soal RAM karena Anda diberikan dua opsi yang sama-sama menariknya yakni RAM 2GB khusus untuk Anda yang tak banyak melakukan aktivitas berat dengan gawai atau RAM 4GB yang dijamin bisa mendukung segala kegiatan Anda dalam berponsel.

Serunya lagi, pilihan RAM tersebut dibarengi dengan memori yang cukup luas yakni 32 GB, yang bisa diperbesar lagi dengan menggunakan microSD card alias memori eksternal hingga 512 GB! Wah, Anda bisa sangat puas mengunduh serta menyimpan berbagai file penting dalam ponsel pintar ini karena ada ruang yang sangat luas yang bisa Anda gunakan secara maksimal.

Kamera utama dan selfie mumpuni

Selain masalah RAM dan juga memori yang menjadi pertimbangan, hal lain yang sangat diperhatikan oleh generasi saat ini adalah kemampuan ponsel pintar dalam menangkap momen istimewa yang tentu saja berhubungan dengan kamera yang dibekalkan. Jika di merek lain Anda harus menggelontorkan hingga jutaan Rupiah untuk bisa mendapatkan spesifikasi kamera yang bikin lega, lain halnya dengan Samsung A10. Sebagai smartphone hemat, Samsung A10 dilengkapi dengan kamera depan yang tak main-main yakni 5MP yang bisa menghasilkan jepretan dengan warna tajam sehingga akan nampak sempurna bahkan ketika diunggah di sosial media yang Anda punya.

Bukan hanya kamera depannya saja yang juara, kamera utama alias kamera belakangnya juga tak kalah keren dengan resolusi 13 MP yang dilengkapi lampu flash sehingga memotret di tempat dengan pencahayaan minim sekalipun tak akan menjadi halangan. Bagaimana jika ingin merekam video? Sebagai ponsel pintar masa kini, pastinya Samsung A10 tak ingin mengecewakan Anda sehingga resolusi rekaman video sudah dirancang sedemikian rupa supaya bisa menghasilkan FHD (1920 x 1080) @30fps yang berarti kualitas gambarnya patut diacungi jempol.

Baterai tahan lama

Dengan banyaknya fitur yang ditawarkan dan kemudahan dalam mengakses atau menggunakan berbagai aplikasi, daya yang digunakan juga akan semakin besar yang artinya baterai akan cepat habis ketika Anda aktif menggunakan ponsel pintar. Kabar baiknya adalah Samsung A10 dibekali dengan baterai berkapasitas cukup besar yakni 3400 mAh yang bisa mengakomodasi kebutuhan Anda dalam berponsel. Main sosmed seharian atau menyelesaikan berbagai pekerjaan jadi lebih nyaman karena setelah diisi ulang penuh Anda tak perlu lagi melakukan pengisian selama seharian.

Dan karena kapasitas baterainya itu, Anda tak perlu waktu hingga 5 jam untuk bisa mengisinya hingga penuh. Bahkan tanpa dibekali fitur fast charging, pengisian daya Samsung A10 ini pada akhirnya terbilang cepat dan Anda tak perlu menunggu terlalu lama untuk bisa menggunakannya lagi.

Mengedit foto jadi lebih mudah

Masih berhubungan dengan kamera keren yang menjadi salah satu selling point Samsung A10, hasil jepretan yang dihasilkan pasti akan membuat Anda terkesima. Dan hebatnya lagi, dengan ponsel seri ini Anda bisa memberikan sentuhan lain yang membuatnya terlihat lebih menarik bahkan lucu menggemaskan.

Ya, Anda bisa memanfaatkan koleksi stiker dan juga filter yang secara otomatis bisa digunakan untuk mempercantik hasil jepretan kamera Samsung A10. Dengan adanya fitur ini, Anda tak harus repot-repot mengunduh bahkan membeli aplikasi photo editor yang tidak setiap hari Anda gunakan dan akhirnya memenuhi memori ponsel. Kalau foto sudah terlihat lebih menarik, kini saatnya mengunggahnya di Instagram atau sosial media lain yang Anda punya. Siap-siap menerima banyak like dari para pengikut Anda, ya.

Look to Unlock

Semboyan di atas diberikan karena Samsung A10 dibekali fitur canggih dan keren yang bukan hanya berfungsi sebagai aksesoris namun juga meningkatkan keamanan dan privasi gawai. Ya, meskipun tidak dibekali sensor sidik jari seperti yang banyak digunakan saat ini namun Samsung justru selangkah lebih maju dengan menyematkan fitur pengenalan wajah atau face recognition untuk membuka kunci ponsel pintar ini. Tak perlu lagi mengetikkan kata kunci atau PIN rahasia yang seiring berjalannya waktu harus diganti bahkan kadang Anda bisa lupa dengan kombinasi angka yang dirancang sendiri.

Dan dengan adanya fitur face recognition macam ini, tak ada orang lain yang bisa secara ilegal menggunakan ponsel Anda sebab fitur wajah bukan hal yang bisa ‘dicuri’ atau ditiru, bukan? Itulah sebabnya bagi Anda yang sangat menghargai privasi dan benar-benar menyadari bahwa keamanan ponsel pintar adalah hal yang patut menjadi prioritas, seri Samsung A10 ini sangat layak untuk dipertimbangkan dan pastinya dimiliki sebagai gawai kesayangan.

Mode malam yang ramah penglihatan

Bukan rahasia lagi jika dalam kondisi gelap, mata akan cepat lelah ketika menatap layar ponsel. Hal ini diakibatkan oleh pancaran sinar biru atau blue light yang sebenarnya menjadi kunci warna layar terlihat jernih dan terang. Namun demikian, tentu Anda tak ingin mengorbankan kesehatan mata hanya untuk menatap layar dalam kondisi gelap, kan? Berterimakasihlah kepada raksasa teknologi Samsung yang menghadirkan fitur night mode dalam seri A10-nya.

Dengan adanya mode ini, Anda tetap bisa menatap layar ponsel pintar dengan jelas di bawah cahaya remang tanpa membuat mata silau dan lelah, misalnya saja ketika harus membalas pesan penting di jam istirahat malam hari ketika lampu kamar sudah dipadamkan. Cahaya layar yang juga meredup tanpa adanya sinar biru yang memancar ini membuat mata lebih santai dan Anda tak perlu khawatir lagi dengan kesehatan penglihatan.

Nah, itu dia fitur dan juga spesifikasi Samsung Galaxy A10 yang ternyata lebih komplit daripada kelihatannya. Satu hal yang tak kalah menarik adalah pilihan warna Samsung A10 yang ternyata cukup beragam. Jika Anda bosan dengan warna umum seperti hitam dan putih, Anda punya pilihan warna lainnya yakni merah dan emas! Namun demikian, mungkin akan sedikit sulit untuk menemukan kedua warna unik ini mengingat biasanya diproduksi dalam jumlah terbatas dengan peminat yang banyak sehingga penting bagi Anda untuk melakukan pemesanan atau mencari referensi tempat terbaik untuk membeli ponsel pintar Samsung seri ini supaya bisa mendapatkan warna yang diinginkan.

Dan dengan memerhatikan segala kelebihan yang dimiliki Samsung A10, Anda jadi punya opsi lebih banyak lagi dalam memilih smartphone yang bisa menemani segala kegiatan sehari-hari. Jangan takut kalah saing dengan ponsel lainnya sebab Samsung dikenal sebagai produsen berbagai seri ponsel pintar yang berkelas, kuat, tahan banting, dan berteknologi tinggi. Jadi, apa harus berpikir dua kali untuk memiliki smartphone ini? Tentu saja tidak. Segera miliki Samsung A10 dan dapatkan pengalaman terbaik bersama fitur jempolan di dalamnya! [***]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT