5 Makanan Ini Dijamin Bikin Kulit Glowing Alami 

5 Makanan Ini Dijamin Bikin Kulit Glowing Alami 

Metroterkini.com - Perempuan mana, sih, yang nggak ingin kulitnya glowing? Untuk meraihnya, tak jarang seseorang membeli berbagai produk skincare yang kadang menguras isi dompet dan melakukan perawatan rutin setiap hari.

Namun, sering kali perawatan dengan skincare saja tidak cukup. Kita kerap lupa kalau merawat kulit itu tak hanya dari luar saja, juga dari dalam. Misalnya dengan tidur cukup, minum air putih setidaknya 8 gelas per hari, mampu mengelola stres dengan baik, serta memperhatikan asupan makanan sehari-hari.

Nah, dari segi pola makan, pastikan kamu mengonsumsi makanan-makanan berikut ini agar kulitmu glowing secara alami.

1. Tomat
Konsumsi 5 Makanan Ini Dijamin Bikin Kulit Kamu Glowing Alami unsplash.com/Dennis Klein
Warna merah pada tomat lebih dari sekadar warna. Warna tersebut berasal dari senyawa likopen yang merupakan jenis antioksidan.

Likopen dapat membantu menangkal efek buruk dari radikal bebas, misalnya yang bersumber dari radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari. Radikal bebas ini, menurut para ahli, bisa menyebabkan penuaan dini hingga penyakit kanker kulit.

Melansir News Medical, sebuah penelitian yang dimuat dalam British Journal of Dermatology menemukan bahwa para partisipan yang mengonsumsi 5 sendok makan pasta tomat setiap hari menunjukkan peningkatan kemampuan kulit mereka dalam memberi perlindungan dari dampak buruk sinar UV.

Likopen dalam tomat akan memicu produksi kolagen, yakni protein yang penting untuk menjaga kulit tetap kenyal dan elastis. Agar hasilnya optimal, pastikan tomat dimasak terlebih dahulu untuk meningkatkan kandungan likopennya.

2. Wortel 
Konsumsi 5 Makanan Ini Dijamin Bikin Kulit Kamu Glowing Alami pexels.com/Hana Mara
Melansir Eat This, Not That!, wortel tak hanya mampu mendukung kesehatan mata, tetapi juga mengusir jerawat. 

Wortel mengandung beta-karoten dan vitamin A, antioksidan yang dapat mencegah produksi sel berlebihan di lapisan luar kulit. Artinya, akan lebih sedikit sel kulit mati (terlihat seperti sisik) yang mana bila bercampur dengan sebum akan menyumbat pori. 

Selain itu, vitamin A juga berperan penting dalam menurunkan perkembangan sel kanker kulit.

3. Ikan salmon 
Konsumsi 5 Makanan Ini Dijamin Bikin Kulit Kamu Glowing Alami pixabay.com/congerdesign
Bukan cuma merupakan sumber terbaik omega-3, ikan salmon juga mengandung dimethylaminoethanol (DMAE) yang dapat membuat membran sel kulit lebih kuat, sehingga dapat terhindar dari kerusakan yang memicu penuaan dini.

DMAE juga bisa mencegah produksi asam arakidonat (AA), pemicu peradangan penyebab munculnya kerutan di kulit. Tak hanya itu, DMAE bersama-sama dengan vitamin B dapat meningkatkan kadar asetilkolin, yaitu neurotransmiter penting untuk fungsi otot yang bisa membuat wajah tetap kencang.

4. Paprika kuning 
Konsumsi 5 Makanan Ini Dijamin Bikin Kulit Kamu Glowing Alami pixabay.com/PublicDomainPictures
Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C bisa memicu produksi kolagen, yakni protein yang menjaga kekenyalan serta elastisitas kulit, sehingga menjaga kulit wajah tampak awet muda. Salah satu sumber makanan kaya vitamin C adalah paprika kuning.

Kemampuan jenis sayuran ini dalam merawat kulit telah diteliti dan diterbitkan di jurnal British Journal of Nutrition. Penelitian yang melibatkan 716 wanita Jepang ini menemukan bahwa semakin banyak sayuran berwarna hijau dan kuning yang dikonsumsi, maka jumlah kerutan pun semakin sedikit.

5. Ubi jalar 
Berdasarkan sebuah penelitian dalam jurnal Evolution and Human Behaviour tahun 2011 menemukan bahwa pola makan kaya akan buah dan sayuran akan membuat kulit sehat, menarik, serta lebih glowing. Namun orang-orang yang mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau dan merah setiap harinya adalah yang memiliki warna kulit paling cerah alias glowing saat disinari matahari. Ini merupakan hasil dari senyawa karotenoid yang memberi warna pada sayuran tersebut.

Nah, kamu disarankan untuk lebih sering mengonsumsi ubi panggang untuk mendapat manfaat tersebut. Faktanya, setegah dari ubi berukuran sedang menyediakan 200 persen dari karotenoid yang dibutuhkan per hari. Karotenoid ini akan lebih banyak didapat setelah proses pemasakan.

Melansir Healthline, ubi jalar berwarna (selain putih) merupakan salah satu makanan yang mengandung beta-karoten. Senyawa tersebut, menurut sebuah penelitian yang dimuat dalam The American Journal of Clinical Nutrition, mampu melindungi kulit dari paparan sinar UV. Kulit pun akan tetap sehat dan cantik. [**]

Berita Lainnya

Index