Cina Temukan Virus Corona pada Bungkus Makanan Beku

Ahad, 18 Oktober 2020 - 12:58:20 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Otoritas pengendalian penyakit menular atau CDC Cina mengatakan bungkusan makanan beku yang terpapar Covid-19 bisa menimbulkan infeksi.

Ini setelah Lembaga Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menular Cina atau CDC mendeteksi dan mengisolasi virus Covid-19 pada bungkusan paket makanan beku ikan cod saat melacak pandemi ini di Kota Qingdao pada pekan lalu.

“Temuan ini menunjukkan virus Covid-19 bisa menempuh jarak jauh lewat makanan beku,” begitu pernyataan dari CDC Cina seperti dilansir Reuters pada Sabtu, 17 Oktober 2020.

Dua orang pekerja di Qingdao, yang terdiagnosa terkena infeksi tanpa gejala ini pada September, membawa virus itu ke sebuah rumah sakit.

Ini terjadi karena proses disinfektan dan proteksi yang dilakukan kuran memadai. Ini menimbulkan 12 infeksi Covid-19 lainnya yang terkait di rumah sakit itu.

Profesor bidang virus, Jin Dong-Yan, dari Universitas Hong Kong, mengatakan temuan CDC itu menunjukkan dua orang pekerja itu terkena infeksi Covid-19 dari lokasi lain.

Kedua pekerja lalu mencemarkan paket makanan beku yang mereka tangani dengan Covid-19.

CDC mengatakan belum menemukan contoh lain penularan Covid-19 lewat makanan beku. Sehingga, risiko penyebaran pandemi ini lewat makanan beku relatif kecil.

CDC merekomendasikan para pekerja yang menangani makanan beku untuk menghindari kontak langsung dengan produk yang mereka kelola, yang mungkin saja sudah terpapar Covid-19. [**]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT