5 Makanan Ini Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Senin, 12 Oktober 2020 - 07:23:41 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Sebal karena berat badan tak turun meski sudah berdiet ketat? Kamu perlu memilih makanan tepat yang bisa membakar lemak tubuh lebih baik.

Untuk menurunkan berat badan orang perlu membakar kalori lebih banyak. Selain dengan olah raga pemilihan makanan yang tepat juga menjadi trik sukses turunkan berat badan.

Ada beberapa jenis makanan yang bisa memicu metabolisme dan membakar lemak lebih baik dan cepat. Makanan ini membantu metabolisme dan mengenyangkan serta mengerem selera makan. Pada akhirnya akan mengurangi asupan makanan keseluruhan dalam sehari.

Makan ikan berlemak, kacang-kacang atau yogurt bisa menjadi pilihan terbaik saat menurunkan berat badan. Dirangkum dalam berbagai sumber, 5 asupan ini bisa mendorong metabolisme tubuh dan pada akhirnya membuat berat badan lebih cepat turun. Baik dimasukkan dalam menu harian selama berdiet.

1. Ikan berlemak
Ikan dari laut dalam yang banyak mengandung asam lemak omega 3 merupakan makanan sehat yang perlu rutin dikonsumsi. Ikan salmon, sarden atau tuna bisa jadi pilihan. Kandungan lemak sehatnya jarang ditemui pada makanan lain.

Kecuali itu ikan laut juga memberi asupan protein yang bisa memicu metabolisme dan mendorong penurunan berat badan lebih cepat. Konsumsi dalam menu harian dalam bentuk ikan panggang, ikan bakar atau ikan pepes atau tim/kukus.

2. Yogurt
Yogurt sejak lama mendapat predikat sebagai olahan susu paling menyehatkan. Hasil fermentasi susu segar dan bakteri ini teksturnya creamy dengan rasa asam yang lembut. Bakteri baik dalam yogurt membantu pencernaan di dalam usus.

Yogurt mengandung sejumlah vitamin, mineral dan probiotik yang mendorong pembakaran lemak tubuh. Yogurt juga memberi rasa kenyang lebih lama sehingga menghindari ngemil atau makan berlebihan. Sebaiknya pilih jenis yogurt tawar atau greek yogurt yang lebih padat.

3. Telur

Sumber protein populer di dunia yang murah dan mudah diolah ini sangat membantu penurunan berat badan. Tubuh akan memakai banyak kalori untuk memecah protein dalam telur. Protein juga membantu pembentukan massa otot saat berat badan turun.

Dalam sebutir telur mengandung 6 gram protein. Konsumsi minimal 1 butir telur dalam sehari. Sebaiknya olah telur dengan sedikit lemak, seperti telur rebus, orak-arik, atau omelet. Telur ini memberi rasa kenyang sehingga kamu tak makan melebihi porsi atau ngemil berlebihan.

4. Minyak Kelapa

Belakangan ini minyak kelapa banyak dihindari karena dianggap memberi asupan lemak tak sehat. Karena banyak orang mengganti minyak kelapa dengan minyak bijian lain yang dipromosikan lebih menyehatkan.

Padahal minyak kelapa memiliki trigliserida rantai sedang. Tipe lemak yang menyehatkan. Menurut para ahli trigliserida rantai sedang ini meningkatkan konsumsi energi yang pada akhirnya mengurangi penimbunan lemak pada tubuh. Minyak kelapa murni bisa dikonsumsi langsung atau minyak masak dari kelapa bisa dipakai untuk mengolah makanan.

5. Teh Hijau

Keunggulan teh hijau karena kandungan antioksidan yang tinggi sudah dibuktikan orang China ratusan tahun silam. Karena itu teh hijau digolongkan sebagai minuman sehat yang punya banyak khasiat. Di antaranya membantu penurunan berat badan.

Teh hijau mengandung kafein dan flavonoid yang dikenal sebagai catechin. Kedua zat ini bisa memicu metabolisme tubuh lebih cepat yang membuat berat badan turun. Catechin dapat membantu memecah kelebihan lemak dan bersama dengan kafein meningkatkan pemakaian energi dalam tubuh. Sebaiknya minum teh hijau rutin setiap hari untuk hasil lebih maksimal. [**]

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT