Manfaat Kunyit untuk Kesehatan Wanita Hingga Nyeri Haid

Ahad, 11 Oktober 2020 - 13:48:53 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Tumbuhan herbal seperti kunyit populer di tengah pandemi Corona ini. Selain bisa meningkatkan sistem imun, berikut berbagai manfaat kunyit, terutama untuk kesehatan wanita.

Kunyit sendiri memiliki nama lain Curcuma Longa. Tumbuhan ini banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara, terutama India. Curcumin merupakan kandungan senyawa aktif dalam kunyit yang berwarna kuning. Curcumin ini lah yang bisa membuat manfaat kunyit bagi kesehatan menjadi maksimal. Kandungan aktif curcumin dipercaya sebagai antioksidan alami.

Berikut delapan manfaat kunyit terutama untuk kesehatan wanita:

Kunyit Dapat Meredakan Nyeri Sendi

Nyeri sendi kerap dialami wanita, terutama saat PMS melanda atau menjelang datang bulan. Salah satu cara meredakan nyeri sendi ini dengan mengonsumsi ramuan herbal kunyit. Seperti dikutip dari CNN Indonesia, kandungan antiinflamasi dalam kunyit efektif sebagai obat pereda nyeri. Bahkan kemampuannya meredakan rasa nyeri sendi lebih efektif dibanding obat seperti aspirin.

Sebuah riset mengungkapkan penderita osteoarthritis yang mengonsumsi senyawa curcumin dalam kunyit merasa lebih cepat sembuh dan rasa kaku pada tubuhnya berkurang. Penderita rheumatoid arthritis kronis juga melaporkan hal yang sama.

Mencegah Kanker dengan Kunyit

Kandungan curcumin dalam kunyit bisa melindungi tubuh dari penyakit kanker, seperti kanker usur besar, payudara, perut dan prostat. Antiinflamasi yang ada di curcumin dipercaya bisa memperlambat pertumbuhan tumor dan kanker.

Seperti dikutip dari everydayhealth, riset yang sudah dilakukan mengungkapkan bagaimana kunyit bisa menjadi obat pengganti pada penderita kanker. Curcumin dalam kunyit bisa menargetkan sel-sel kanker. Senyawa tersebut juga dapat memperlambat dan menghambat pertumbuhan tumor.

Manfaat Kunyit untuk Mengatasi Diabetes

Wanita yang mengalami sindrom ovarium polikistik atau PCOS (menstruasi tidak teratur, pertumbuhan rambut berlebihan dan obesitas) berisiko mengalami diabetes. Apalagi jika ada faktor keturunan. Seorang wanita ataupun pria lebih berisiko terkena diabetes ketika ada anggota keluarga yang menderita penyakit ini.

Bagi kamu yang termasuk berisiko mengalami diabetes, bisa mencoba mencegah atau mengatasinya dengan kunyit. Manfaat kunyit bagi penderita diabetes dapat menurunkan kadar glukosa. Curcumin dalam kunyit yang mengandung antiinflamasi dan antioksidan dapat menekan jumlah insulin dalam tubuh dan membuat gula darah serta lemak darah stabil.

Penelitian mengungkapkan curcumin khasiatnya lebih baik daripada obat diabetes seperti metformin. Hal itu karena curcumin dapat mengaktifkan enzim untuk menghambat proses degeneratif pada tubuh atau enzim AMPK. Hal inilah yang menurut riset dianggap sebagai pengobatan untuk penderita diabetes tipe 2.

Mencegah Penyakit Jantung

Sindrom ovarium polilistik atau PCOS bukan hanya membuat wanita berisiko mengalami diabetes. Riset yang dimuat dalam European Journal of Preventive Cardiology mengungkapkan wanita dengan PCOS berisiko 19% lebih besar mengalami penyakit kardiovaskular.

Sama seperti diabetes, penyakit jantung juga dapat dicegah dengan mengonsumsi kunyit. Manfaat kunyit adalah dapat memaksimalkan kesehatan lapisan membran dalam jantung dan pembuluh darah. Membran tersebut berfungsi mengatur tekanan darah. Ketika fungsi membran ini menurun, risiko penyakit jantung meningkat. Tapi manfaat kunyit untuk pencegahan penyakit jantung ini masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

Mengatasi Depresi

Depresi semakin banyak dialami orang, terutama di masa pandemi ini. Bagi kamu yang sedang depresi, bisa mencoba merasakan manfaat kunyit. Curcumin yang terkandung di dalam kunyit disebut efektif sebagai obat depresi sama seperti obat antidepresan.

Dalam sebuah penelitian lab, kunyit terbukti bisa memengaruhi keseimbangan neurotransmitter di otak. Curcumin juga mempunyai efek anti depresan an asiolitik sehingga dapat memodulasi jumlah serotonon dan dopamin dalam tubuh.

Kulit Sehat dengan Kunyit

Bagi kamu yang memiliki masalah kulit seperti eksim, psoriasis dan jerawat, bisa mencoba manfaat kunyit. Seperti diungkapkan dalam Macedonian Journal of Medical Sciences, kunyit efektif untuk mengatasi psoriasis.

Dalam sebuah riset juga diungkapkan curcumin dalam kunyit dapat memperbanyak sintesis kolagen, membuat pori-pori lebih kecil, mengatasi jerawat dan memperbaiki jaringan kulit.

Meredakan PMS dan Nyeri Haid

Riset yang dilakukan Arihta BR Sembiring, Suryani dan Suswati dari Jurusan Kesehatan, Politeknik Kesehatan Medan, mengungkapkan bagaimana kunyit bisa mengatasi nyeri haid. Dalam risetnya, para peneliti melibatkan mahasiswa yang kerap mengalami nyeri haid. Penelitian menunjukkan terapi kunyit asam dapat menurunkan nyeri haid. Cara ini akan semakin efektif apabila dikombinasikan dengan kompres air hangat pada perut.

Itulah tujuh manfaat kunyit untuk kesehatan wanita. Selamat mencoba!

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT