Ketahanan Pangan, Polresta Tangerang Panen Ikan Lele

Sabtu, 03 Oktober 2020 - 12:24:32 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Jajaran Polresta Tangerang Polda Banten terus menggenjot upaya meningkatkan ketahanan pangan. Cara-cara yang ditempuh diantaranya pemanfaatan lahan tidur untuk cocok tanam ataupun untuk beternak ikan.

Jumat (2/20/2020), upaya pemanfaatan lahan tidur untuk ternak ikan menuai hasil. Dipimpin Kasat Resnarkoba AKP Panji Firmansyah, jajaran Polresta Tangerang memanen 3000 ekor ikan lele di Kampung Tangguh Nusantara Desa Ciatuy, Kecamatan Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi menerangkan, lahan yang digunakan untuk ternak lele tidak terlalu luas. Namun seiring tekad untuk memanfaatkan segala media dan potensi yang ada, maka Polresta Tangerang bersama warga kemudian memanfaatkannya untuk ternak ikan lele.

"Alhamdulillah, dari 5250 benih yang disebar, 3000 ekor sudah bisa kami panen. Sisanya beberapa hari juga bisa panen," kata Ade.

Ade mengatakan, Polresta Tangerang bersama Pemkab Tangerang dan Kodim 0510 Tigaraksa juga beserta warga sudah melakukan kegiatan pemanfaatan lahan tidur di beberap la titik. Lahan tidur itu, kata Ade, dimanfaatkan seteleh sebelumnya mendapat izin pemilik lahan.

Pemanfaatan lahan tidur, Ade menambahkan, tidak hanya untuk ternak. Melainkan untuk cocok tanam seperti jagung, buah-buahan, dan aneka sayuran.

"Dan kami sudah beberapa kali panen jagung dan ikan," ujar Ade.

Dikatakan Ade, lele hasil panen kemudian dibagikan ke warga sekitar. Ade berharap, bantuan ikan lele dapat membantu meringankan beban masyarakat. Selain itu, dengan bantuan ikan lele, diharapkan masyarakat mendapatkan tambahan asupan gizi.

"Kemudian dari hasil panen ikan lele tersebut kami bagikan kepada warga masyrakat yang tidak mampu," pungkas Ade.  [sjah]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT