PDI Perjuangan Inhu Gelar Pelatihan Saksi Pilkada

PDI Perjuangan Inhu Gelar Pelatihan Saksi Pilkada

Metroterkini.com - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Inhu menggelar acara Training Of Trainer (TOT) saksi Pilkada Inhu 2020 di Cafetaria Hotel Danau Raja Rengat, Senin (21/9/2020).

Kegiatan TOT tersebut dilaksanakan oleh Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) Daerah PDI Perjuangan Provinsi Riau dan dibuka secara resmi oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Inhu, H Khairizal Msi.

Dalam kesempatan itu, Khairizal mengungkapkan, pelatihan saksi Pilkada ini perlu dilakukan. Sebab, saksi Pilkada bukan hanya sekedar melihat dan menyaksikan saja. Akan tetapi harus memahami aturan dan juga kulipait.

"Jika terjadi konflik Pilkada maka saksi di TPS inilah nantinya yang akan menjadi saksi kunci jika permasalahan sampai ke pengadilan," ujar Khairizal.

Maka dari itu, Khairizal berharap kepada para peserta saksi Pilkada agar dapat mwngikuti TOT dengan serius. Sehingga apa yang disampaikan pemateri dapat ditangkap dengan baik dan dilaksanakan pada saat bertugas nanti.

Lanjut Khairizal, setelah mengikuti TOT ini, nantinya para peserta saksi Pilkada akan mengikuti ujian. Setelah itu akan diberikan sertifikat tanda kelulusan sebagai peserta TOT.

Dal dari pada itu, Kepala BSPN PDI Perjuangan Provinsi Riau Ir Jhon D Girsang SH mengatakan, bahwa di PDI Perjuangan ada suatu badan yang bertugas mengawal suara.

Mulai dari persiapan saksi di TPS dan persiapan lainnya yang dianggap perlu, sehingga para saksi Pilkada mengetahui apa hak dan kewajiban di TOT.

"Kegiatan TOT ini salah satu instruksi DPP PDI Petjuangan, yang harus dilaksanakan. Yang mana, keanggotaan BSPN terdiri dari anggota DPC dan Ranting sampai struktur terkecil partai," jelas Jhon.

Jhon menambahkan, bahwa didalam BSPN ada di sebut Regu Penggerak Pemilih atau Guraklih. Yang bertugas melakukan pemetaan di setiap daerah, yang tujuannya memperoleh kemenangan di setiap daerah.

"Hari ini kita melakukan pelatihan terhadap utusan kecamatan. Yang mana, masing-masing kecamatan di utus tiga orang. Merekalah nantinya yang akan melakukan pelatihan ini terhadap jenjang-jenjang selanjutnya," terangnya.

Disebutkannya lagi, kegiatam TOT saksi Pilkada ini akan di selenggarakan selama dua hari, terhitung hari ini, Senin - Selasa, 21-22 September 2020. Sehingga dapat mempersiapkan saksi yang terlatih di setiap Tempat Pemungutan Suara  atau TPS. [wa]

Berita Lainnya

Index