Tangan Kram Bangun Tidur, Ini Cara Mengatasinya

Senin, 04 Oktober 2010 - 15:57:40 WIB
Share Tweet Google +

loading...

Metroterkini.com - Kram sendiri merupakan kondisi dimana terjadi pengerutan pada otot yang biasanya muncul secara tiba – tiba dan juga dibarengi dengan rasa sakit. Kram ini akan sembuh dengan sendirinya dalam rentang waktu tertentu tergantung pada kontraksi otot tersebut. Begitu juga dengan kondisi tangan kram saat bangun tidur ini. Biasanya hanya terjadi dalam hitungan detik atau menit saja. Sementara itu tangan kram saat bangun tidur ini bisa disebabkan oleh beberapa hal. 

Sirkulasi Darah

Penyebab paling sering dan umum terjadi pada saat tangan kram saat bangun tidur adalah karena selama tidur aliran darah pada tangan kita terganggu. Gangguan aliran darah pada tangan ini bisa disebabkan oleh tangan yang tertindih oleh badan saat tidur. Hal ini tentunya akan menekan dan menyebabkan aliran darah pada tangan menjadi terganggu. Selain tertindih, hal lain yang menyebabkan terganggunya aliran darah saat tidur adalah ketika kita tidur dengan kondisi suhu sekitar yang dingin. Udara dingin ini juga akan menyebabkan aliran darah menjadi terganggu.

Cara Mengatasi : Untuk menghindari dari hal ini salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah dengan memperbaiki posisi tidur kita supaya tangan kita tidak tertindih oleh badan kita. kita juga disarankan untuk tidur dengan kondisi yang cukup nyaman.

Tubuh kekurangan mineral
Salah satu penyebab dari munculnya tangan kram dan kaku adalah karena tubuh kekurangan mineral. Mineral yang dimaksud adalah seperti kalsium, kalium, dan potasium. Kekurangan mineral tersebut akan mengakibatkan hal yang tidak baik bagi tubuh. Salah satu akibat dari kekurangan mineral – mineral ini akan membuat aliran darah menjadi tidak lancar yang akan menimbulkan tangan kram saat bangun tidur.

Cara Mengatasi : Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium, kalium, dan potasium adalah cara paling mudah untuk mengatasi ini. Makanan  – makanan seperti susu, keju, bayam, kol, kacang – kacangan adalah beberapa makanan yang baik untuk mengatasi masalah ini. Selain itu kita juga mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium.

Aktifitas yang berlebihan
Kram juga terjadi sebagai akibat dari munculnya kontraksi pada otot. Oleh sebab itu melakukan aktifitas otot secara berlebihan juga akan menimbulkan kondisi kram pada saat kita baru bangun tidur.

Cara Mengatasi : Untuk menghindari terjadinya kram akibat dari aktifitas yang berlebihan ini, disarankan kita melakukan peregangan sebelum melakukan aktifitas. Hal ini dimaksudkan agar otot kita siap melakukan aktifitas tersebut dan menyebabkan tidak akan muncul kram setelahnya. Selain itu kram yang disebabkan oleh aktifitas berlebihan dan otot yang mengencang ini bisa juga disembuhkan menggunakan obat pereda rasa sakit.

Dehidrasi
Berkaitan dengan aktifitas yang berlebihan, kram juga bisa disebabkan oleh tubuh yang kekurangan cairan. Memenuhi cairan tubuh ini salah satu fungsinya adalah untuk memperlancar metabolisme di dalam tubuh. Salah satu akibat dari dehidrasi ini adalah tubuh akan mengalami kram terutama tangan kram saat bangun tidur

Cara Mengatasi : Untuk menghindari tangan kram saat bangun tidur yang disebabkan oleh dehidrasi ini salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan memenuhi kebutuhan cairan pada tubuh kita. Hal yang harus diperhatikan disini adalah jangan sampai kita terlalu banyak juga minum air. Minum air terlalu banyak juga akan menyebabkan hal tidak baik bagi tubuh. 

Meminum air terlalu banyak malah akan membuat hilangnya beberapa mineral yang diperlukan tubuh. Perhatikan dengan baik takaran kebutuhan air untuk tubuh kita. Orang dewasa disarankan minum sampai delapan gelas sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Selain dengan air minum biasa kita juga bisa menggunakan jus buah untuk memenuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh kita. Ada banyak jenis buah untuk dehidrasi yang bisa kita coba

Tubuh terserang penyakit kronis
Salah satu penyebab dari rasa kram pada tangan saat kita baru bangun tidur adalah karena tubuh terserang penyakit kronis. Dalam beberapa kasus, kram ini juga bisa menunjukan adanya sesuatu yang tidak beres pada tubuh kita. Salah satunya, kram bisa juga menjadi indikasi jika tubuh terserang penyakit kronis. Salah satu penyakit kronis yang menyebabkan tangan kram ini adalah diabetes

Cara Mengatasi : Untuk mengatasi tangan kram saat bangun tidur yang disebabkan oleh penyakit kronis ini kita bisa menggunakan obat pereda rasa nyeri untuk menghilangkan rasa nyeri kram nya. Selain itu kita juga bisa menkompres bagian yang mengalami kram dengan es. Sementara jika kram terus terjadi secara berkelanjutan maka disarankan untuk kita berkonsultasi dengan dokter untuk tindakan selanjutnya.

Itulah beberapa hal yang menjadi penyebab dari tangan kram saat bangun tidur dan juga cara mengatasinya. [***]


loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT