Intel Akan Tingkat Prosesor di Chip Tiger Lake

Intel Akan Tingkat Prosesor di Chip Tiger Lake

Metroterkini.com - Intel menjanjikan peningkatan performa yang signifikan di prosesor laptop generasi selanjutnya bernama Tiger Lake, utamanya di sektor kecepatan, kinerja grafis dan konsumsi daya.

Tiger Lake adalah prosesor Intel Core generasi ke-11, yang dipamerkan Intel di acara Architecture Day. Di acara tersebut Intel mengklaim Tiger Lake bisa menghasilkan efek ledakan yang lebih realistis di game Call of Duty dan daya tahan baterai yang lebih lama saat dipakai presentasi menggunakan Power Point.

Intel memang berharap banyak di Tiger Lake, yang merupakan chip dengan perubahan besar pertama di sektor desain selama beberapa tahun terakhir. Sebelumnya Intel bisa dibilang terseok-seok selama beberapa tahun ke belakang.


Ada beberapa cobaan yang dihadapi Intel selama beberapa waktu ke belakang, seperti keputusan Apple untuk meninggalkan Intel dan beralih ke Apple Silicon, lalu Microsoft yang mulai menggandeng AMD dan Qualcomm, serta performa chip mereka yang terlihat sudah tak berkembang jika dibandingkan dengan prosesor buatan AMD.

Bahkan beberapa waktu lalu mereka pun memastikan kalau teknologi pembuatan prosesornya yang terbaru bakal tertunda cukup lama, demikian dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (14/8/2020).

Di Architecture Day, Intel memamerkan Tiger Lake dengan chip grafis anyar mereka yang bernama Xe. Chip grafis ini disebut bakal punya peningkatkan grafis yang signifikan, bahkan bisa dipakai bermain game, berbeda dengan chip grafis terintegrasi Intel yang sebelumnya.

Intel memang tak mengungkap spesifikasi detail dari Tiger Lake ataupun Xe, namun dalam tabel performa yang dipamerkan, terlihat Tiger Lake punya performa yang meningkat signifikan dibanding Ice Lake dengan sejumlah peningkatan, termasuk desain chip baru bernama Willow Cove dan proses pembuatan baru bernama SuperFin.

VP Silicon Engineering Intel Boyd Phelps menjanjikan Tiger Lake bakal memberikan opsi ke pembuat PC dengan chip yang lebih kencang dengan konsumsi daya yang sama, atau punya konsumsi daya yang lebih baik dengan kecepatan yang sama.

Dari segi fitur, Tiger Lake bakal terintegrasi dengan Thunderbolt 4 dan USB 4, lalu ada sistem keamanan baru bernama control-flow enforcement technology (CET), sirkuit AI lebih bagus untuk kontrol suara dan konversi speech-to-text, serta dukungan untuk layar dengan resolusi lebih tinggi.

Sementara untuk 2021 mendatang Intel berencana merilis Alder Lake, yang punya pendekatan hybrid, yaitu menggunakan dua jenis core berbeda, yang lazim dipakai di arsitektur ARM. Core tersebut adalah Golden Cove (penerus Willow Cove yang dipakai di Tiger Lake) dan Gracemont, core yang lebih kecil dengan konsumsi daya lebih kecil. [***]
 

Berita Lainnya

Index