Fraksi PAN DPRD Siak : Pondok Pesantren Kurang Sarana

Kamis, 13 Agustus 2020 - 18:35:17 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD Kabupaten Siak Riau, melalui juru bicara menyampaikan jawaban terhadap Pendapat Pemerintah terhadap Inisiatif DPRD mengenai Ranperda Pondok Pesantren.

Rapat Paripurna yang digelar DPRD Kabupaten Siak, di pimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Siak, H. Azmi, SE, bersama seluruh Ketua Fraksi yang hadir beserta anggota DPRD lainnya, bertempat di ruang Rapat DPRD Kabupaten Siak, Senin (3/8/2020) lalu.

Menurut Fraksi Partai Amanat Nadional (PAN) melalui Gustimar, setelah mendengarkan secara seksama tentang Pendapat Kepala Daerah terhadap Ranperda Inisiatif DPRD Kabupaten Siak mengenai Pondok Pesantren yang diajukan DPRD.

"Kami dari Fraksi PAN, berpendapat Peraturan Daerah tentang Pondok Pesantren ini, setidaknya mengatur mengenai Penyelenggaraan, fungsi Pendidikan, fungsi Dakwah, dan fungsi Pemberdayaan masyarakat melalui Peraturan Daerah tentang Pondok Pesantren dalam penyelenggaraan pendidikan di pondok pesantren di akui sebagai bagian dari penyelenggara pendidikan nasional," kata Gustimar dalam penyampaianya dalam paripurna.

Menurut pandangan Fraksi PAN, Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Siak pada saat ini sekitar 34 (Tiga Puluh Empat) Pondok Pesantren. Sedangkan yang menjadi permasalahan dalam Penyelenggaraan Pendidikan adalah kurangnya sarana dan prasarana yang memenuhi kebutuhan pembelajaran terhadap keberadaan Pondok Pesantren dan terbatasnya sumber daya manusia yang menguasai dan memahami Pendidikan keagamaan Islam.

Untuk itu, perlu dibentuk Peraturan Daerah tentang Pondok Pesantren di Kabupaten Siak, di harap kan dapat memberikan landasan hukum, bagi keberadaan dan peran Pondok Pesantren dalam membentuk, mendirikan, membangun dan menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia tradisi, nilai dan norma, varian dan aktivitas, propasional pendidik dan tenaga kependidikan, serta proses dan metodologi penjaminan mutu.

Selain itu, menurut Fraksi PAN, juga perlu upaya strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Siak, dalam rangka mendorong terwujud nya generasi muda yang beriman, bertagwa berakhlak mulia, berilmu, mandiri, tolong menolong, seimbang, dan moderat.  [ibrahim]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT