KPUD Asahan Lakukan Coklit Daerah Perberbatasan

Selasa, 04 Agustus 2020 - 17:17:47 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Dalam rangka pencocokan dan penelitian (Coklit) ke daerah perberbatasan, Ketua KPUD Kabupaten Asahan melakukan monitoring di Desa Hutapadang, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan pada tanggal 3 Agustus 2020.

Dimana, Desa Hutapadang tersebut merupakan perbatasan antara Kabupaten Asahan dengan Kabupaten Simalungun.

Saat dikonfirmasi melalui pesan whatsapp, Ketua KPUD Kabupaten Asahan Hidayat SP mengatakan, monitoring itu dilakukan untuk memastikan proses pencoklitkan sesuai aturan, Selasa (4/8/2020).

Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (PPDP) akan melakukan pengecekan nama warga dalam daftar pemilih dengan menyesuaikan melalui identitas diri, seperti KTP-Elekronik dan KK.

Kemudian, memastikan pemasangan stiker di rumah warga, berdasarkan jumlah keluarga yang dicoklit.

Selain itu, guna mencegah penyebaran Covid-19, Ketua KPUD Kabupaten Asahan meminta kepada PPDP Kabupaten Asahan untuk tetap menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) saat melakukan pencoklitan di lapangan.

Menurut Hidayat, monitoring tersebut, juga bertujuan untuk mengetahui kendala dan memberikan solusi agar proses Coklit berjalan dengan sesuai aturan.

Selanjutnya, kepada PPK dan PPS, ia meminta, agar kegiatan coklit ini rutin dilakukan guna menghasilkan data yang akurat pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020 nanti.

Ditambahkannya, saat monitoring di perbatasan tersebut, PPDP menemukan adanya warga Kabupaten Simalungun yang tinggal di wilayah Kabupaten Asahan.

Namun, terhadap warga Kabupaten Simalungun tersebut, tidak dilakukan pencoklitkan oleh PPDP Kabupaten Asahan.

"PPDP Kabupaten Simalungun sudah mencoklit warganya yang berada di Desa Hutapadang, Kecamatan Bandar Pasir Mandoge. Hak pilihnya di Kabupaten Simalungun," terangnya.

"Kami berharap semua masyarakat Asahan yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih dapat dicoklit dan terdaftar didalam DPT nantinya," tambahnya.

Terakhir, Ketua KPUD Kabupaten Asahan berpesan kepada masyarakat, agar tidak segan-segan untuk mengingatkan kepada PPK dan PPS, bila ada warga yang belum dicoklit dan ada PPDP yang tidak menggunakan APD saat mencoklit. [tums]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT