Bupati Siak Panen Raya Padi di Laksamana Sabak Auh

Bupati Siak Panen Raya Padi di Laksamana Sabak Auh

Metroterkini.com - Bupati Siak Alfedri ikut panen raya padi di Kampung Laksamana Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak Riau, Jum'at (24/7/2020).

Di saat itu juga , Alfedri menyerah kan bantuan benih padi herbisida dan pupuk NPK, serta menyerahkan santunan jaminan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan kepada keluarga alm Wiji.

Menurut petani, selama ini hasil panen padi cukup menguntungkan, karena bisa mencapai 6-8 ton sekali panen per hektarnya.

Alfedri mengapresiasi masyarakat kampung Laksamana yang mau mengalih fungsikan lahan sawitnya kembali ke padi, seluas 7 hektar. Karena menurutnya, hasil budidaya padi jauh lebih banyak dari pada sawit.

Ia juga mengatakan, Pemerintah Kabupaten Siak tetap komit untuk menata dan mengelola persawahan yang baik dengan mendorong sistem pengairan.

"Kita sudah bangun pompanisasi, dan pipanisasi, sementara yang belum itu tinggal tersier karena terkait dengan hibah lahan dari masyarakat. Dan ini sudah diusulkan lewat dana APBN melalui Dinas Pertanian supaya diprogramkan," ujar bupati.  

Tambahnya, dengan sistem pengairan saluran tersier tentunya menjadi solusi untuk mendapat pengairan yang baik ke area persawahan. Dampaknya akan meningkatkan produktifitas padi dimasa yang akan datang. 

Dalam kesempatan ini Bupati Alfedri juga menyerahkan santunan jaminan kematian dari BPJS Ketenagakerjaan untuk alm Wiji kepada ahli waris pak Adnan. 

Kemudian penyerahan bantuan benih padi Mekongga dari APBN, sebanyak 40 Kg perhektar dengan total 8 ton untuk kampung Laksamana, dan bantuan herbisida sebanyak 416 liter, serta pupuk NPK sebanyak 50 kg/hektar.

Kadis Pertanian melalui Sekretaris Arisman juga menyampaikan, luasan sawah di Kampung Laksamana Kecamatan Sabak Auh, berjumlah 208 hektar dengan menerapkan IP 200 dan menggunakan varietas invari 42. [ibrahim]

Berita Lainnya

Index