Disinilah Kain Kiswah Penutup Kakbah Disimpan

Disinilah Kain Kiswah Penutup Kakbah Disimpan

Metroterkini.com - Setiap tahunnya, menjelang Idul Adha atau pada 9 Dzulhijjah kain kiswah yang telah menjadi penutup Kakbah selalu diganti dengan yang baru oleh petugas.

Pada hari itu, jamaah haji akan sedang pergi dan beribadah ke gunung Arafah. Para petugas pun mengganti kain kiswah dengan yang baru menggunakan eskalator seluler.

Dikutip dari Al Arabiya, Direktur Jenderal Kompleks Raja Abdul Aziz untuk Kakbah Ahmad bin Mohammed Al Mansouri mengatakan bahwa benang emas yang terdapat di kain Kiswah akan dihilangkan dari kain. Kemudian, kiswah akan diletakkan di gudang pemerintahan.

Dalam gudang itu, terdapat konservasi teknis agar mencegah reaksi kimia atau bakteri yang bisa merusak kain kiswah yang lama. Kemudian, kain kiswah bisa diberikan untuk museum atau sebagai hadiah bila diminta oleh pejabat otoritas.

Lebih lanjut, Mansouri menjelaskan bahwa kain tersebut terbuat dari 670 kilogram sutra mentah yang diwarnai hitam. Kemudian, kiswah dilapisi sutra berlapis kapas dan disulam dengan 120 kilogram benang emas dan 100 kilogram benang perak.

Kiswah sendiri memiliki panjang mencapai 14 meter dengan lima sisi untuk empat menutupi bentuk persegi Kakbah, dan potongan kelima adalah tirai yang menutupi pintu masuk.

Sementara itu, kain kiswah di Arab Saudi tengah diangkat setinggi tiga meter. Hal itu dilakukan di menit-menit awal bulan Dzulhijjah dan melibatkan 50 petugas. [***]


 

Berita Lainnya

Index