Polsek Panongan Tinjau Tanam Jagung di Lahan Tidur

Kamis, 09 Juli 2020 - 21:07:14 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Jajaran Polsek Panongan Polresta Tangerang Polda Banten meninjau langsung dimulainya penanaman bibit jagung di Kampung Kebon Desa Ranca Iyuh, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Kamis (9/7/2020).

Dalam kegiatan penanaman perdana jagung hybdrida tersebut dihadiri oleh Kapolsek dan Muspika Kecamatan Panongan serta Kelompok Tani Desa Ranca Iyuh.

Adapun lahan seluas kurang lebih 3 hektare yang ditanami jagung tersebut adalah eks lahan tidur. Kapolsek Panongan AKP Nana Supriatna sebelumnya mendorong lahan tidur di Kecamatan Panongan agar dimanfaatkan menjadi lahan pertanian.

"Penanaman perdana benih jagung di tanah eks lahan tidur di Desa Ranca Iyuh ini merupakan program dalam menjaga ketahanan pangan nusantara dan meningkatkan produktivitas masayarakat di tengah pandemi global COVID-19," kata AKP Nana.

Menurut Kapolsek, program menjaga ketahanan pangan Nusantara dilaksanakan serentak se-Indonesia dengan program optimalisasi pemanfaatan lahan tidur untuk menunjang ekonomi dalam menghadapi Pandemi COVID-19.

"Dengan pemanfaatan lahan yang telah dilaksanakan saat ini di Desa Ranca Iyuh Kecamatan Panongan adalah menanam bibit Jagung hibrida. Program ketahanan pangan nusantara tahap pertama seluas 3 Hektar, ditanam secara serentak pada hari ini," tuturnya.

Sebelum dilakukan penanaman bibit jagung hibrida, Kapolsek Panongan dan Muspika setempat secara simbolis menyerahkan alat - alat pertanian, bibit jagung dan pupuk kepada kelompok tani Desa Ranca Iyuh.

"TNI -  Polri bekerja sama dengan Dinas pertanian melalui program ketahanan pangan Nusantara memanfaatkan lahan tidur dalam rangka menumbuhkan perekonomian di wilayah Kecamatan panongan akibat wabah corona," kata Camat Panongan Rudi Lesmana.

Sementara itu, Danramil 14 Panongan, Kapten Inf. Boedi Noeryanto memgatakan, kegiatan dalam menjaga Ketahanan Pangan Nusantara ini diprakarsai oleh Panglima TNI dan Kapolri dengan cara melakukan penanaman dibidang pertanian.

"Harapan kami semua lahan harus dimanfaatkan secara maksimal guna membangun perekonomian agar tidak terus terpuruk," ucap Danramil dalam sambutannya.

Kapolsek menambahkan, jajarannya terus mendorong agar pemanfaatan lahan tidur di Kecamatan Panongan dapat dioptimalkan dan diolah menjadi lahan pertanian.

"Semoga masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani di Desa Ranca Iyuh ini lebih giat lagi bercocok tanam di lahan yang ada untuk pertanian. Sehingga program ketahanan pangan nusantara berjalan dengan baik," tandas AKP Nana.  [sjah]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT