Positif Covid-19 Kabupaten Asahan Kembali Tambah 2 Kasus

Positif Covid-19 Kabupaten Asahan Kembali Tambah 2 Kasus

Metroterkini.com - Kembali bertambah 2 orang warga Kabupaten Asahan berinisial MS dan KS dinyatakan positif Covid-19.

MS merupakan warga jalan Karya, Lingkungan I, Kelurahan Sendang Sari, Kecamatan Kota Kisaran Barat.

Sedangkan KS, merupakan warga Lingkungan VII, Kelurahan Mutiara, Kecamatan Kota Kisaran Timur.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan Rahmat Hidayat Siregar melalui press releasenya, Jumat (3/7/2020).

Dijelaskannya, MS adalah salah seorang yang melakukan kontak langsung dengan orang tuanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan rapid test yang dilakukan terhadap MS, hasilnya reaktif.

Kemudian, dilakukan pemeriksaan lanjutan di RS USU Medan dengan metode uji swab dan hasilnya positif Covid-19.

Selanjutnya, terhadap KS yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan di salah satu rumah sakit di Kisaran, dilakukan uji swab di RS USU Medan dan hasilnya positif Covid-19.

Menindaklanjuti hal tersebut, dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan bekerjasama dengam Puskesmas Mutiara akan segera melakukan tracking dan pemeriksaan darah melalui rapid test terhadap orang-orang yang melakukan kontak erat dengan kedua orang pasien tersebut.

Pelaksanaan pendataan kontak erat masih terus dilakukan hingga saat ini.

Melalui Ketua Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, Rahmat kembali menghimbau kepada masyarakat agar bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan  tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Tetap memakai masker, hindari keramaian, cuci tangan pakai sabun dan sering berolahraga, serta tetap dapat menjaga kesehatan. Karena, tanpa dukungan dari masyarakat, mustahil penyebaran Covid-19 ini dapat kita hentikan," pungkasnya.

Untuk data Covid-19 di Kabupaten Asahan, Pasien Dengan Pengawasan (PDP) sebanyak 4 orang, positif Covid-19 bertambah menjadi 19 orang, dengan pembagian 10 orang masih di rawat, 6 orang sembuh dan 3 orang meninggal dunia. [Tums]

Berita Lainnya

Index