Humas PT Musim Mas Akui Tanam DAS Sejak 1996

Kamis, 02 Juli 2020 - 15:46:59 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Dikatakan masyarakat PT Musim Mas melakukan penanaman sawit di Daerah Aliran Sungai (DAS), Humas Musim Mas Ibrahim malah mengaku menanam sawit tersebut telah ada semenjak tahun 1996.

"Komitmen penanaman tanaman pokok kayu hutan dibuktikan dengan MoU antara PT. Musim Mas dengan Pemerintah Pelalawan melalui Dinas Kehutanan dan Perkebunan serta desa-desa terkait sekitar perusahaan pada Tahun 2009," jelas Ibrahim dalam pesannnya waktu lalu.

Atas kejujuran Humas PT Musim Mas ini, LSM SAHARA sebagai salah satu yayasan lingkungan hidup tetap akan melakukan inventarisir permasalahan yang ada pada areal lahan perkebunan kelapa sawit milik PT Musim Mas.

"Hal tersebut merujuk kepada aduan masyarakat yang diterima lembaga ini, Kata salah satu pengurus Yayasan SAHARA, Mattheus, Kamis (2/7/2).

"Dengan demikian jika ada persoalan yang menjadi inti dugaan pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan akan dapat diketahui," ucapnya.

Dikatakan Mattheus, tentunya penyelidikan dimulai dari luas perizinan yang diberikan oleh pemerintah hingga permasalahan lingkungan yang diduga telah dilanggar oleh pihak perusahaan.

"Maka menurut kami, gugatan Legal Standing mungkin akan bisa menjawab apa yang menjadi pokok persoalan di perkebunan kelapa sawit ini," katanya.

Namun sebelum hal itu kita lakukan, lanjut Mattheus, tentunya tahapan-tahapan gugatan itu yayasan harus mengikuti ketentuan yang berlaku. "Maka kita meminta agar masyarakat bersabar sampai hasil investigasi yang kita lakukan bisa disimpulkan," katanya.

Sedangkan terkait adanya verifikasi yang dilakukan oleh pihak pemerintah kabupaten Pelalawan, menurut Mattheus justru sebagai pembenaran adanya dugaan pelanggaran yang telah dilakukan oleh pihak PT. Musim Mas sejak 
tahun 1996.

"Itu artinya Pemerintah telah melakukan pembiaran terhadap aktivitas ilegal PT. Musim Mas pada Daerah Aliran Sungai," pungkas Mattheus.

Sementara Tokoh masyarakat desa Pesaguan, Kecamatan Pangkalan Lesung, Pelalawan, Riau, Rusli, menyebut PT Musim Mas tanam sawit hingga kepinggir sungai, namun dibantah Humas Wendi.

Hal itu terkait bantahan Musim Mas sebelumnya membantah menanam DAS, untuk membuktikan Rusli cek sejumlah sungai.

"Saya temukan jangankan sungai, kuburan tua (TPU) lama saja ditanam sawit, jaraknya beberapa meter saja, bahkan kampung lama kosong sekarang karena berada didalam kebun sawit Musim Mas," katanya.[ajho]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT