Rahasia Cantik Alami ala India, Cocok Iklim Tropis

Sabtu, 27 Juni 2020 - 20:11:17 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - India punya banyak tips cantik alami yang terbukti ampuh. Berbasis pengobatan Ayurveda, perawatan kecantikan tradisional India lebih banyak menggunakan bahan-bahan alam. Beberapa di antaranya adalah herba yang juga bisa ditemukan di Indonesia.

Berikut ini sederet rahasia kecantikan alami dari India yang sesuai untuk kulit dan rambut tropis Anda.

1. Bubuk Cendana (Chandan)

Ridhima Sapre, assistant beauty editor terkemuka mengungkapkan rahasia kulit eksotis para wanita di negaranya, yaitu bubuk cendana. Bubuk cendana atau sandalwood adalah kayu aromatik yang ditumbuk hingga halus. Bubuk ini cocok untuk scrub. Dilansir Boldsky, khasiatnya adalah menunda penuaan, melembutkan, dan membersihkan kulit.

Padukan bubuk cendana dengan susu/yogurt/air mawar, kemudian gunakan sebagai scrub wajah. Scrub plus masker ini berguna untuk mendinginkan kulit dan meringkas pori-pori. Gosok lembut selama 2 menit, kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin.

2. Multani Mitti (Fuller's Earth)

Multani mitti atau dikenal juga dengan nama fuller's earth adalah sejenis lumpur yang mengandung bentonite. Biasanya dimanfaatkan sebagai campuran masker untuk kulit berminyak. Multani mitti memiliki kemampuan untuk menjernihkan minyak, sehingga kerap digunakan sebagai pembersih.

Menurut StyleCraze, sifatnya yang mudah menyerap minyak menjadikan multani mitti populer sebagai bahan perawatan untuk kulit berminyak dan atau berjerawat. Paling sering digunakan sebagai bahan clay mask.

3. Kunyit (Haldi)

Nina Davuluri, mantan Miss America dan pendiri brand skincare Aavrani menyebut kunyit sebagai salah satu bahan perawatan favorit wanita India. Dilansir The Huffington Post, kunyit memiliki khasiat antiinflamasi dan antiseptik yang baik. Antioksidan yang dikandungnya juga bagus untuk melawan tanda-tanda penuaan dini, jerawat, dan bekas luka.

Masker kunyit banyak digunakan untuk merawat kulit yang terpapar sinar matahari. Wajah dan tubuh calon pengantin juga dirawat dengan kunyit agar tampak bersinar saat pernikahan. Selain diolah menjadi masker atau campuran lulur badan, kunyit juga diolah menjadi minuman kesehatan dan kecantikan.

4. Air Mawar (Gulabjal)

Mahkota bunga mawar yang ditumbuk atau direndam hingga menjadi air mawar juga termasuk bahan alami yang banyak digunakan pada perawatan kecantikan di India. Mahkota bunga mawar kaya antioksidan dan vitamin C. Khasiat utamanya adalah mendinginkan dan melembapkan kulit.

Menurut ahli dermatologi, Dr. Kally Papantoniou kepada situs gaya hidup Bustle, air mawar juga cocok untuk semua jenis kulit, termasuk yang kering, sensitif, dan berjerawat. "Bisa melembapkan kulit, memiliki kandungan anti-mikroba alami, dan mengandung antioksidan alami yang bisa membantu memulihkan serta mencegah kerusakan kulit dan bekas luka."

Air mawar biasanya dijadikan campuran masker tradisional. Menurut beauty blogger India, Shailja Vashisht, air mawar juga bagus untuk campuran krim tangan buatan sendiri dan rendaman kaki.

5. Bunga Sepatu

Menurut artikel yang dilansir Vogue India, bunga sepatu kerap digunakan untuk perawatan kulit wajah dan rambut. Bunga ini banyak diproduksi di Kerala.

Bunga ini kaya akan kandungan Alphahydroxy Acids (AHA) dan asam amino. Kedua bahan ini ampuh untuk mengangkat sel kulit mati. Kandungan vitamin C dan emollient dalam bunga sepatu sama ampuhnya dengan botox. Selain itu nutrisi dalam bunga sepatu dapat melembapkan kulit sekaligus mengurangi kelebihan minyak di pori-pori kulit.

Nutrisi dari mahkota bunga sepatu yang dijadikan masker dapat memperlancar peredaran darah di kulit kepala dan karenanya dapat mengatasi kerontokan dan merangsang pertumbuhan rambut. Lumatkan mahkota bunga sepatu, kemudian gunakan untuk memijat kulit kepala secara teratur.

6. Amla

Menurut Michelle Ranavat, pendiri brand Ranavat Botanics, para wanita di India mengandalkan minyak amla untuk perawatan rambut. Amla adalah sejenis buah beri yang banyak ditemui di India. Istilah barat untuk buah tersebut adalah gooseberry.

Amla dapat mengembalikan vitalitas pada batang rambut dan mengatasi masalah ketombe, karena sifat asam dari amla dapat melindungi kulit kepala dari bakteri yang dapat menyebabkan kepala. Amla juga ampuh untuk mencegah penuaan dini pada rambut alias uban.

Wanita India memanfaatkan minyak atau bubuk yang diekstrak dari buah ini untuk merawat kecantikan mereka. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah amla berfungsi sebagai antioksidan dan nutrisi yang menjadikan rambut lebih tebal, kuat, dan berkilau.

7. Minyak Kelapa Murni

Dilansir India.com, minyak kelapa murni juga termasuk bahan alami yang dipercaya wanita India untuk merawat rambut kering dan rusak. Minyak kelapa biasa digunakan untuk campuran minyak rambut atau sabun untuk pelembap tubuh alami. Minyak kelapa murni atau Virgin Coconut Oil (VCO) kaya pelembap alami yang baik untuk merawat batang rambut, kulit kepala kering, siku kasar, sampai tumit pecah-pecah.

8. Daun Mimba (Neem)

Aktris cantik Bollywood, Anushka Sharma mempercayakan kecantikan kulitnya dengan masker alami yang terbuat dari neem dan yogurt. Neem atau dikenal juga dengan nama mimba di Indonesia memang sering digunakan untuk perawatan kecantikan oleh wanita India.

Buah dan bijinya diekstrak menjadi neem oil. Sementara bunganya digunakan sebagai bahan minyak aromaterapi dan pemijatan. Daun neem segar biasanya ditumbuk dan dijadikan ramuan kecantikan tradisional. Kadang daun dijemur dan ditumbuk hingga menjadi bubuk.

Neem adalah herba yang memiliki banyak khasiat. Tumbuhan ini memiliki sifat antiinflamasi, antijamur, dan antibakteri. Sifat-sifat tersebut menjadikannya efektif untuk mengatasi berbagai masalah kulit. Neem efektif mengatasi jerawat, pigmentasi, serta kulit berminyak. Minyaknya bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit dan menenangkan tubuh.

9. Gram Flour/Tepung Chickpea (Besan)

Besan atau bubuk gram adalah sejenis tepung yang terbuat dari chickpea/kacang garbanzo/kacang Arab. Besan merupakan bahan makanan yang sering ditemui dalam kuliner-kuliner India. Bahan ini ampuh untuk mengangkat sel kulit mati, karena itu cocok untuk dijadikan scrub.

Besan ini juga sering dimanfaatkan oleh bintang-bintang Hollywood untuk eksfoliasi, lho. Anda juga bisa memanfaatkan khasiat besan dengan membuat shower cream sendiri. Campurkan sedikit bubuk besan dengan susu dan krim, lalu gunakan untuk mandi. Anda juga bisa memanfaatkan campuran tadi untuk masker pelembut kulit wajah.

Untuk yang berjerawat, Anda bisa membuat masker anti jerawat dari campuran 1 sendok makan bubuk kunyit, air perasan lemon, dan besan. Aplikasikan masker tersebut pada wajah. Biarkan selama 15 atau 20 menit hingga masker mengering. Setelah itu bilas wajah dengan air hingga bersih.

10. Tulsi (Ruku-Ruku)

Ruku-ruku atau Ocimum tenuiflorum merupakan tanaman yang tergolong familia lamiaceae. Tanaman ini mirip dengan kemangi dan basil. Biasanya digunakan sebagai bumbu masakan di Minangkabau.

Wanita India menggunakan tulsi atau ruku-ruku untuk merawat diri. Rempah daun beraroma harum ini kaya akan antioksidan yang bisa memperbaiki kerusakan pada kulit serta menangkal radikal bebas yang dapat menjadikan kulit cepat menua.

11. Madu

Madu memang kaya nutrisi dan manfaat. Mulai dari menyembuhkan infeksi, memperbaiki struktur kulit, hingga membersihkan racun. Sebab bahan alami yang diproduksi oleh lebah ini kaya akan antioksidan yang ampuh untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya masalah uban prematur. Madu bisa digunakan bahan campuran masker, scrub, hingga conditioner rambut. Diolah sebagai minuman pun manfaatnya untuk tubuh sangat banyak.

12. Dahi (Dadih Susu)

Dahi adalah dadih, gumpalan lemak yang mengambang di permukaan susu setelah proses fermentasi. Warga India biasa menyantap dadih yang produk akhirnya seperti yogurt ini. Mereka juga menggunakannya untuk perawatan kulit, wajah, dan rambut. Protein di dalam dadih efektif untuk mencerahkan kulit yang terbakar matahari, memudarkan bekas luka, melembapkan kulit kering, dan menutrisi rambut rusak.

13. Pacar (Henna)

Sama seperti wanita di Indonesia, wanita India juga menggunakan henna sebagai pewarna rambut, kuku, dan tato alami. Sebagai pewarna rambut, henna yang terbuat dari tumbuhan diklaim lebih ramah terhadap rambut dan kulit kepala. Henna lebh dingin di kulit kepala dan tidak akan menyebabkan kerontokan serta kerusakan seperti pewarna rambut modern.

Demikian bahan-bahan alami yang menjadi resep perawatan kecantikan wanita India. [mer]
 

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT