HUT Bhayangkara ke-74, Polres Bengkalis Tampilkan Seni Budaya

Jumat, 26 Juni 2020 - 23:24:14 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Beragam kegiatan digelar Polres Bengkalis dan jajaran dalam memeriahkan Hari Jadi Bhayangkara ke-74 tahun ini dengan tema "Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif".

Selain bakti sosial, pemberian bahan makanan kepada masyarakat kurang mampu, juga kegiatan keagamaan dan seni budaya.

Seperti Jum'at (26/6/20) siang tadi. Bertempat di Jalan Antara depan Wisma Daerah Sri Mahkota, selain penyaluran 200 paket bahan makanan, juga ada pertunjukan seni. Tujuh penari dari UKM Kesenian Politeknik Negeri Bengkalis dengan lemah gemulai membawakan tarian menyambut tamu Kapolres Bengkalis, yakni Forkompinda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah), Lembaga Adat Melayu (LAM) dan dari berbagai kalangan yang menghadiri acara Bakti Sosial Serentak dalam rangka hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020 tersebut.

Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan mengatakan, sebanyak 200 paket bahan makanan disalurkan oleh puluhan Bhabinkamtibmas dan Babinsa dari Kodim 0303/Bkl.

Menurut AKBP Hendra Gunawan, HUT Bhayangkara ke-74 dengan tema "Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif". Artinya, dengan aktivitas masyarakat, otomatis akan menimbulkan sebuah produktivitas. Dari produktivitas ini ia harapkan akan menghasilkan sebuah nilai jual yang sangat berarti. 

Selain itu, juga ditampilkan pelbagai kesenian, seperti Sholawatan, Reok, kesenian Suku Melayu Sakai, Tionghoa yang mendapat sambutan hangat hadirin.

"Kami mengambil inisiatif untuk mengundang masyarakat Jawa, Melayu Sakai dan Tionghoa untuk menampilkan budaya yang diawali sholawatan pimpinan Ustadz Fadli. Selain daripada itu diharapkan ini juga akan menghasilkan sebuah perkenalan di Kabupaten Bengkalis bahwa kita mempunyai persatuan dari kebudayaan. Nilai-nilai kebudayaan ini merupakan sebuah nilai pengabdian seorang Bhayangkara polisi," kata AKBP Hendra Gunawan.

Sementara itu, Plh Bupati Bengkalis yang diwakili Asisten Administrasi Umum, H Tengku Zainuddin dalam sambutannya mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-74 buat seluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia khususnya kepolisian Resort Bengkalis. 

Pemda Kabupaten Bengkalis berharap polisi tetap dapat menjadi tulang punggung masyarakat Indonesia dalam melayani, mengayomi masyarakat apatah lagi dalam masa Covid-19 saat ini. 

"Mudah-mudahan, apa yang menjadi cita-cita Polri sesuai dengan tema HUT Bhayangkara ke-74 tahun ini, Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif terlaksana dengan baik dan berkelanjutan," ujarnya.

Selain itu, Tengku Zainuddin juga menyampaikan ucapan terima kasih, dukungan dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran Polres Bengkalis yang telah melaksanakan bakti sosial sempena HUT Bhayangkara ke-74 ini.

Sementara itu, kepada sejumlah awak media, Kapolres AKBP Hendra Gunawan kembali menegaskan,  meningkatkan produktivitas masyarakat dengan menampilkan seni budaya bagian dari nilai-nilai Tribrata. 

"Itu merupakan nilai-nilai Tribrata dan tentunya Pancasila dan UUD 1945 yang tujuannya untuk memperkenalkan dan mempersatukan. Jadi, kesatuan bangsa itu yang paling penting," ungkap Kapolres AKBP Hendra Gunawan usai melepas puluhan sepeda motor Babinsa (TNI) Kodim 0303 Bengkalis dan Bhabinkamtibmas membawa 200 paket bahan makanan untuk dibagikan kepada masyarakat 

Jaga Kampung

Pada kesempatan itu, Kapolres AKBP Hendra Gunawan juga menjelaskan terkait launching Program Jaga Kampung. Konsepnya, untuk meningkatkan produktivitas masyarakat. Dengan masyarakat yang produktif tentu bisa menjaga kampungnya. 

"Dengan menjaga kampung tersebut akan menghasilkan sebuah nilai ekonomis. Akhirnya, masyarakat tidak berbuat hal yang tidak diinginkan atau tindak pidana. Dengan menjaga kampung ini tentunya dia akan lebih "Care" terhadap kampungnya masing-masing sehingga akan tercipta kondusifitas masyarakat," terang mantan Kasatlantas Polres Bengkalis itu.

Dalam acara ini terlihat hadir Dandim 0303 diwakili Kpt Arh Isnanudi, Ketua MKA LAMR Kabupaten Bengkalis Datuk Seri H Zainuddin dan Ketua DPH LAMR Kabupaten Bengkalis Datuk Seri H Sofyan Said, Kalaksa BPBD Tajul Mudaris, Ketua MUI Buya H Amrizal dan lainnya. [rudi]

 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT