Minum Rendaman Mentimun Bisa Turunkan Berat Badan

Selasa, 16 Juni 2020 - 21:20:04 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Mentimun memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan juga kecantikan kulitmu. Kamu bisa mengonsumsi mentimun dengan cara merendam beberapa potongan mentimun pada air putih yang akan kamu minum. 

Cara tersebut mungkin lebih terkenal dengan sebutan infused water. Mentimun selain mengandung banyak vitamin yang baik bagi tubuh dan kulit, ternyata rendaman air mentimun juga dapat membantu menurunkan berat badanmu. Berikut ini 8 manfaat rendaman air mentimun.

1. Air Mentimun Membuatmu Tetap Terhidrasi
Manfaat rendaman air timun yang pertama adalah membuatmu tetap terhidrasi. Tubuhmu tidak akan berfungsi dengan baik jika kekurangan air atau mengalami dehidrasi. Biasanya kebanyakan orang disarankan untuk minum air putih setidaknya enam hingga delapan gelas sehari. Namun, air putih saja akan membuatmu merasa bosan, jadi cobalah tambahkan beberapa perasa, seperti dengan memasukkan mentimun ke dalam air putih yang akan kamu minum

2. Air Mentimun Membantu Menurunkan Berat Badan
Manfaat minum rendaman air mentimun yang kedua adalah dapat membantu menurunkan berat badan yang kamu miliki. Dibandingkan dengan soda dan minuman lainnya yang mengandung banyak gula, rendaman air mentimun jauh lebih baik. Selain itu, tetap terhidrasi juga dapat membuatmu merasa kenyang. 

Terkadang tubuhmu tidak dapat membedakan rasa lapar atau haus. Kamu akan merasa bahwa kamu lapar, padahal sebenarnya kamu hanyalah haus. Jadi setiap kali kamu mulai merasa lapar, cobalah untuk meminum segelas air rendaman timun terlebih dahulu. Jika setelahnya rasa laparmu hilang, maka itu tandanya kamu hanyalah haus. Namun jika kamu masih juga lapar, maka itu mungkin sudah waktunya bagimu untuk makan.

3. Mentimun Mengandung Antioksidan yang Baik Bagi Tubuh
Manfaat minum rendaman air mentimun yang ketiga adalah untuk membantu memberikan antioksidan bagi tubuh. Antioksidan adalah zat yang dapat mencegah dan memperlambat terjadinya kerusakan sel-sel dalam tubuh akibat radikal bebas. Beberapa penyakit, seperti kanker, diabetes, jantung, Alzheimer, dan degenerasi mata telah dikaitkan dengan kerusakan sel akibat radikal bebas dan hal tersebut bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung antioksidan, seperti timun. Timun mengandung vitamin C, beta karoten, manganese, molybdenum, dan beberapa antioksidan flavonoid.

4. Mentimun Berkhasiat Mencegah Kanker
Manfaat minum rendaman air mentimun yang keempat adalah untuk membantu mencegah kanker. Seperti dikutip dari Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa meminum air rendaman timun dapat membantu melawan kanker. Selain kaya akan antioksidan, timun juga memiliki senyawa yang disebut cucurbitacins dan sekelompok nutrisi yang disebut lignan, yang mungkin berperan untuk membantu melindungi diri dari kanker. Sebuah penelitian dalam Journal of Cancer Research mengatakan bahwa flavonoid diet, yang ditemukan pada mentimun, dapat membantu memperlambat perkembangan kanker prostat.

5. Air Mentimun Bisa Membantu Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat minum rendaman air mentimun yang kelima adalah membantu menurunkan tekanan darah. Salah satu faktor yang mempengaruhi tekanan darah tinggi adalah konsumsi garam (sodium) yang terlalu banyak dan kurangnya potassium. Garam yang berlebihan menyebabkan tubuhmu menahan cairan, yang meningkatkan tekanan darah. Potassium adalah elektrolit yang membantu mengatur jumlah sodium yang ditahan oleh ginjal. Mentimun adalah sumber potassium yang baik yang dapat membantu menurunkan tekanan darahmu.

6. Air Mentimun Meningkatkan Kesehatan Tulang
Manfaat minum rendaman air timun yang keenam adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang. Mentimun kaya akan vitamin K yang dapat mencegah pembekuan darah. Hal itu membantu meningkatkan kesehatan tulang. Selain itu, timun juga mengandung silika dan manganese yang dapat membantu memperkuat tulang dan menurunkan risiko osteoporosis.

7. Air Mentimun Menjaga Kesehatan Kulit
Manfaat minum rendaman air mentimun yang ketujuh adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Rahasia dari kulit yang cantik dan sehat adalah dengan meminum banyak air putih. Mentimun kaya akan antioksidan dan memiliki zat anti peradangan yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit. Selain meminum rendaman air timun, kamu juga bisa mencuci wajah menggunakan rendaman air timun setiap hari untuk mencegah timbulnya jerawat.

8. Air Mentimun Membuat Nafas Lebih Segar
Manfaat minum rendaman air mentimun yang kedelapan adalah membuat nafas menjadi lebih segar. Seperti dikutip dari NDTV Food, meminum segelas rendaman air timun dapat meningkatkan produksi air liur, yang dapat membuat mulut tetap terjaga dan terhindar dari bau mulut. Namun tetap tidak perlu mengonsumsinya dengan berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan tidak akan baik.

Itulah beberapa manfaat minum rendaman air mentimun bagi kesehatan dan juga tubuhmu. Jika kamu mengonsumsinya secara rutin, pastinya kamu akan merasakan manfaat kesehatannya bagi tubuh dan juga kulitmu. Selamat mencoba! [***]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT