Tim Penggerak PKK Asahan Lakukan Video Conference

Ahad, 07 Juni 2020 - 12:18:04 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Dalam menyatukan langkah guna membantu pemerintah dalam upaya mencegah dan memberantas wabah Covid-19 di Sumatera Utara, Ketua Tim Penggerak PKK Sumatera Utara (Sumut) melakukan Video Conference (VidCon) dengan seluruh Tim Penggerak PKK Kabupaten/Kota se-Sumut.

VidCon tersebut mengkaji tentang kolaborasi dokter keluarga dengan Tim Penggerak PKK Sumut, Jumat (5/6/2020).

Ketua Tim Penggerak PKK Sumut Nawal Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengatakan pemberdayaan dokter keluarga yang akan melakukan edukasi dan berkolaborasi dengan Tim Penggerak PKK akan sangat bermanfaat bagi kelompok ibu dan anak, ditambah lagi kolaborasi dengan Grab yang nantinya dapat membantu memberikan edukasi melalui aplikasi, agar masyarakat Sumatera Utara, khususnya kaum ibu tidak bingung dan panik menghadapi Covid-19 ini.

Ia juga mengatakan, pada masa pandemi Covid-19 ini masih banyak ibu-ibu terutama yang hamil, yang mau melahirkan dan juga yang akan ikut KB, serta yang akan mengimunisasikan anaknya, tentu merasa was-was dan khawatir.

Maka dari itu, mereka perlu diberikan edukasi agar lebih mengetahui bagaimana menjaga kesehatan diri dan keluarga, serta mengetahui bagaimana mencegah Covid-19 agar tidak tertular dan bagaimana caranya meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh, juga betul-betul menerapkan jaga jarak dan pembatasan interaksi fisik.

Selain itu, tidak kalah pentingnya adalah edukasi untuk tidak terjadi stigma di masyarakat yang sakit dan terkena harus dibantu, sehingga bisa tetap optimis dan terhindar dari stres.

"Edukasi yang diberikan pada masa pandemi Covid-19 ini bisa melalui media elektronik seperti WhatsApp (WA) atau yang lainnya. Oleh karena itu, kita tetap harus jaga jarak," jelasnya.

Kemudian, ia berharap, agar wabah ini segera berakhir dan tentunya semua pihak menjadi lebih menyadari bahwa kesehatan memang bukan segalanya, tapi tanpa kesehatan semuanya menjadi tidak berarti.

Mengakhiri sambutannya, ia berpesan kepada seluruh Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Sumut agar mengaktifkan Dasawisma dengan komunikasi elektronik, sinergikan kegiatan dengan Puskesmas dan dokter keluarga.

"Mari kita perangi wabah Covid-19 ini dengan mengikuti protokol kesehatan. Semoga kita semua terhindar dari penyakit Covid-19," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Titiek Sugiarti Surya yang didampingi oleh Wakil Ketua TP PKK Kabupaten Asahan Yusnila Indriati Taufik beserta pengurus meminta informasi tentang dokter keluarga, sehingga TP PKK Kabupaten Asahan dapat mensosialisasikannya ke Kecamatan dan Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Asahan. [Tums]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT