Pansus Covid-19 DPRD Sumatera Utara ke Asahan

Sabtu, 06 Juni 2020 - 04:13:29 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Tim II Pansus Covid-19 DPRD Provinsi Sumatera Utara melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, Jumat (5/6/2020).

Kunker tersebut bertujuan untuk melihat kesiapan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan dan Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan dalam menyikapi wabah Covid-19 di Kabupaten Asahan.

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar menyampaikan bahwa saat ini, Kabupaten Asahan berada pada status siaga darurat dan untuk mengantisipasi penyebaran wabah Covid-19 di Kabupaten Asahan, Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan dan Pemkab Asahan telah melakukan langkah-langkah pencegahan penyebaran wabah Covid-19 dengan membentuk tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 hingga ke tingkat Desa dan Puskesmas.

Kemudian, melakukan penyemprotan disinfektan, serta memberikan himbauan kepada masyarakat secara rutin di Desa maupun Kelurahan setiap satu minggu sekali.

Bukan itu saja, tim juga telah melakukan pengecekan suhu tubuh kepada masyarakat yang akan masuk ke Kabupaten Asahan, baik masyarakat dari luar kota maupun dari luar negeri, serta telah menyediakan tempat karantina yang berlokasi di kolam renang Pemkab Asahan dan rumah sakit rujukan di RSU HAMS Kisaran yang telah ditetapkan oleh Gubernur Sumatera Utara.

Selain itu, Pemkab Asahan juga sedang mempersiapkan tahap administrasi untuk melakukan pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Asahan yang berada di Malaysia.

"Maka dari itu, kami berharap kepada tim II Pansus Covid-19 DPRD Provsu dapat membantu proses administrasi yang kami lakukan saat ini," harapnya.

Disamping itu, ia juga mengucapkan terima kasih atas bantuan sembako yang telah diberikan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara kepada masyarakat Kabupaten Asahan yang terdampak Covid-19.

"Yang mana bantuan tersebut telah kami realisasikan dan salurkan kepada masyarakat Kabupaten Asahan," pungkasnya.

Mengakhiri sambutannya, ia menghimbau masyarakat Kabupaten Asahan agar dapat mematuhi protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Sementara itu, Ketua tim II Pansus Covid-19 DPRD Provinsi Sumatera Utara yang diwakilkan oleh Wakil Ketua Ahmad Hadian mengatakan, bahwa wabah Covid-19 yang melanda saat ini sangat berpengaruh pada semua sektor.

Oleh sebab itu, tim Pansus II Covid-19 melakukan Kunker ke seluruh wilayah yang ada di Sumater Utara untuk mengetahui apa yang menjadi kendal dalam melakukan percepatan penanganan Covid-19 di wilayahnya masing-masing.

Ia juga memastikan, bahwa Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten/Kota se-Sumatera Utara telah berjalan sesuai dengan fungsinya. [Tums]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT