Makan Obat Asam Lambung, Pasien Corona Membaik?

Jumat, 05 Juni 2020 - 20:32:37 WIB
Share Tweet Google +

Foto Ilustrasi

Metroterkini.com - Pasien virus Corona COVID-19 yang diberi obat famotidine menunjukkan kondisi klinis yang membaik. Obat famotidine ini diketahui sebelumnya sebagai obat asam lambung.

Dikutip dari The Sun, studi menyebut famotidine membantu mempercepat pemulihan pasien Corona. Selain itu pasien Corona disebut mulai merasa lebih baik hanya dalam waktu 48 jam usai diberi famotidine.

Bahkan disebutkan gejala-gejala pasien Corona hilang dalam dua minggu. Dokter di Amerika Serikat (AS) mengatakan hasil tersebut 'menjanjikan'. Ia pun mendukung uji klinis untuk famotidine apakah benar-benar bisa dijadikan obat Corona.

"Hasil dari seri kasus ini menunjukkan famotidine oral dosis tinggi dapat ditoleransi dengan baik dan dikaitkan dengan peningkatan hasil yang dilaporkan pasien pada pasien COVID-19 yang tidak dirawat di rumah sakit," jelas Profesor Tobias Janowitz dari Cold Spring Harbor Laboratory Cancer Center, New York.

"Seri kasus kami menunjukkan hasil yang membaik, tetapi belum menetapkan untuk pengobatan famotidine pada pasien rawat jalan dengan COVID-19," lanjut Prof Tobias.

Prof Tobias menilai perlu penelitian lebih lanjut untuk mengevaluasi obat famotidine. Studi ini menemukan gejala mulai membaik dalam beberapa jam, terutama batuk dan sesak napas hilang dalam waktu dua minggu. [***]
 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT