Tentara AS Siaga Tinggi, Donald Trump Dikecam

Kamis, 04 Juni 2020 - 06:34:27 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Presiden Donald Trump mendapat kecaman saat berpose membawa Alkitab hingga ribuan tentara AS yang dikerahkan di tengah riuh aksi solidaritas antirasisme mengisi kilas internasional, Kamis (4/6).

Presiden Donald Trump dikecam oleh para pemimpin agama di Amerika Serikat setelah berpose di depan Gereja Apiskopal St. John sambil mengacungkan Alkitab di tangannya pada Senin (1/6/2020).

Gereja St. John, Washington, terletak di seberang Lafayette Park yang menghadap langsung ke Gedung Putih. Gereja itu menjadi titik panas protes anti-rasial dan solidaritas terhadap kematian warga kulit hitam AS, George Floyd, selama beberapa hari terakhir.

Pose Trump menuai kecaman sebab sebelum sang presiden meninjau lokasi itu, para demonstran yang tengah melakukan protes secara damai diusir oleh polisi dengan menggunakan gas air mata, semprotan merica, hingga peluru karet.

Tindakan represif itu dilakukan polisi demi mensterilkan area gereja sebelum sang presiden datang dan berfoto. Foto Trump tersebut pun langsung menuai kritik hingga kecaman tajam termasuk dari pemuka agama di AS.

Eks Miss Universe Malaysia Dikecam 

Mantan Miss Universe Malaysia, Samantha Katie James, menuai kritik setelah dia mengunggah serangkaian komentar kontroversial tentang aksi protes Black Lives Matter akibat kematian seorang warga kulit hitam di Minneapolis, George Floyd, yang terjadi di Amerika Serikat melalui akun Instagram.

Wanita berusia 25 tahun itu mengunggah beberapa Cerita Instagram (IG Stories), dan mengomentari orang-orang Afrika-Amerika yang berdemonstrasi menentang kebrutalan dan rasialisme polisi AS selama enam hari berturut-turut.

Kepada lebih dari 160 ribu pengikutnya di Instagram, Samantha mengatakan aksi protes itu adalah bukti bahwa orang kulit putih telah menang dan menyebut para demonstran sebagai manusia yang bodoh.

"Saya tidak tinggal di Amerika dan itu tidak ada hubungannya dengan saya. Tapi bagi saya, sepertinya (orang berkulit) putih menang. Jika Anda marah, Anda merespon dengan amarah dan kesedihan, dan itu berarti ia memiliki kuasa atas Anda. (amarah dan kesedihan) memiliki kekuatan atas dirimu," tulisnya dalam IG Stories.

Ribuan Tentara AS Siaga

Kementerian Pertahanan Amerika Serikat menyatakan sekitar 1.600 pasukan militer aktif telah dikerahkan ke Washington DC untuk membantu pihak berwenang sipil mengawasi demonstrasi.

Ribuan tentara itu dikerahkan dari markas di Fort Bragg dan Fort Drum ke ibu kota pada Senin malam.

"Tidak ada pasukan aktif yang dikerahkan di Washington DC sampai saat ini, tetapi pasukan aktif telah ditempatkan di pangkalan militer di National Capitol Region," ucap juru bicara Pentagon, Jonathan Hoffman kepada CNN pada Selasa (2/6).

Hoffman menganggap pengerahan pasukan itu merupakan "langkah perencanaan yang bijaksana."

"Pasukan berada pada status siaga tinggi tetapi tetap berada di bawah kewenangan Title X dan tidak terlibat dalam mendukung operasi pihak berwenang sipil," ujar Hoffman. [cnn]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT