Pemkab Bahas Skema Pemulangan TKI Asal Asahan dari Malaysia

Kamis, 04 Juni 2020 - 03:33:30 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Dalam upaya pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Asahan dari Malaysia, Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan menggelar rapat lanjutan dengan Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kota Tanjung Balai.

Rapat tersebut dilaksanakan di Sekretariat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, Rabu (3/6/2020).

Dalam sambutannya, Ketua Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan yang juga merupakan Bupati Asahan Surya mengatakan, rapat yang dilaksanakan pada hari ini, merupakan lanjutan dari rapat sebelumnya, yaitu tentang pemulangan PMI asal Kabupaten Asahan yang berada di Malaysia dan untuk saling bertukar informasi tentang tata cara pemulangan PMI yang telah dilakukan oleh Kota Tanjung Balai.

"Kegiatan pemulangan PMI asal Asahan yang berada di Malaysia merupakan kegiatan kemanusiaan dan pemulangan ini atas permintaan dari PMI itu sendiri melalui surat dan video yang dikirimkan kepada Pemerintah Kabupaten Asahan serta Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan," ucapnya.

Ia juga menjelaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan akan menyiapkan seluruh administrasi yang diperlukan dalam melakukan proses pemulangan PMI tersebut, juga telah membuat tim koordinator lapangan yang berada di Malaysia.

"Dalam pemulangan PMI ini, kita akan mengikuti protokol kesehatan, sehingga proses pemulangan PMI ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang kita harapkan," pungkasnya.

Mengakhiri sambutannya, ia berharap, agar seluruh unsur yang tergabung dalam tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, Kota Tanjung Balai dan instansi terkait dapat membantu pemulangan PMI ini.

Sementara itu, Wali Kota Tanjung Balai M. Syahrial mengatakan, bahwa dalam pemulangan PMI ini, Pemkab Asahan harus melengkapi administrasi yang dibutuhkan, agar dalam proses pemulangan para PMI tersebut, tidak mengalami kendala, baik itu administrasi di negara Indonesia maupun di negara Malaysia.

Ia juga mengharapkan, agar Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan dan Kota Tanjung Balai selalu melakukan koordinasi.

"Dan semoga niat dari Pemerintah Kabupaten Asahan dan Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan dalam pemulangan PMI ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan," pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Pemkab Asahan dan Kota Tanjung Balai menyatakan kesiapannya untuk mendukung rencana pemulangan sebanyak 184 orang PMI dari Malaysia. [Tums]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT