406 Kendaraan Disuruh Putar Balik Saat Masuk Riau

Rabu, 27 Mei 2020 - 00:07:16 WIB
Share Tweet Google +

Ilustrasi

Metroterkini.com - Dari lima posko check point Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) yang didirikan di daerah perbatasan Provinsi Riau, paling banyak pelanggaran terjadi di posko perbatasan Riau-Sumatera Barat (Sumbar) tepatnya di simpang Batu Bersurat, Kabupaten Kampar.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Riau, M Taufiq OH mengatakan, mulai H-4 lebaran sampai saat ini puncak arus mudik dan balik tidak terjadi berdasarkan pantauan di lima posko check point di daerah perbatasan Riau.

"Arus mudik dan balik Lebaran tidak terjadi sampai sekarang, malah terjadi pemutaran arus mudik di tanggal 22-23 Mei 2020. Tanggal 22 Mei itu mencapai 286 kendaraan perbatasan Riau-Sumbar di Kabupaten Kampar kita suruh putar balik," kata Taufiq, Rabu (27/5/2020).

Sedangkan di posko lintas Barat (Riau-Sumatera Utara) di Kabupaten Rokan Hulu, posko lintas Utara (Riau-Sumatera Utara) di Kabupaten Rokan Hilir.

Kemudian posko lintas Selatan (Riau-Sumatera Barat) di Kabupaten Kuantan Singingi, dan posko lintas Timur (Riau-Jambi) di Kabupaten Indragiri Hilir, rata-rata 20-30 kendaraan yang diputar balik arah.

"Yang paling banyak yang disuruh putar balik oleh petugas adalah alasan tidak jelas. Yang seperti itu tentu kita minta putar balik tanpa kompromi," tegasnya.

Menurutnya dari laporan di lima posko check point tersebut, paling banyak pelanggaran tidak pakai masker, kemudian ada juga yang tidak memunuhi ketentuan Surat Edaran Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

"Mudah-mudahan sampai hari terakhir pelaksanaan PSBB di Provinsi Riau 29 Mei besok, teman-teman di posko check point bisa meningkatkan kedisiplinan," harapnya.

Taufiq menambahkan, posko check point merupakan posko terpadu yang terdiri personel gabungan TNI/Polri, Dishub, Satpol PP, Diskes baik provinsi dan kabupaten/kota se-Riau.

Jika ada lima posko check point di perbatasan Riau. Kemudian kendaraan di perbatasan Riau-Sumbar di Kabupaten Kampar sebanyak 286 putar balik, sedangkan empat posko lainnya rata-rata 20-30 kendaraan, jika 30 kendaraan setiap posko maka total ada 406 kendaraan yang diputar balik. [***]
 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT