Asita Riau Dukung Pemerintah Terapkan New Normal

Rabu, 27 Mei 2020 - 23:53:57 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (Asita) Provinsi Riau menyambut baik rencana pemerintah yang akan memberlakukan new normal.

Hal itu disampaikan Ketua ASITA Riau Dede Firmansyah terkait tidak bisa dipastikan kapan berakhirnya pandemi Covid-19 ini akan berakhir. Sementara masyarakat khususnya di sektor pariwisata, perekonomiannya ingin bangkit lagi.

"Selama pandemi, travel agent tak ada sama sekali pemasukan alias nol. Ya karena sama-sama kita tahu kemarin itukan memang tak ada penerbangan. Bus pariwisata juga enggak jalan. Makanya memang tak ada pemasukan sama sekali. Makanya kami mendukung new normal itu dilakukan," ujar Dede, Rabu (27/5/2020).

Namun meski demikian, jika new normal diterapkan pengetatan protokol kesehatan harus dilakukan. Masyarakat dan seluruh elemen harus sadar bahwa kebersihan adalah faktor kunci.

"Protokol kesehatan tentu harus diterapkan. Seperti kemana-mana pakai masker, kemudian penyediaan sarana cuci tangan di tempat-tempat umum dan lain sebagainya," katanya.

Tambah Dede lagi, untuk masyarakat jika sedang sakit atau sedang tidak enak badan jangan berkeliaran. "Jika new normal diterapkan, masyarakat yang sakit harus tahu diri. Jangan berkeliaran dan diam di rumah saja," ungkapnya.

"Jadi dengan New Normal, tentunya ini jadi solusi agar perekonomian bisa bangkit lagi. Namun yang perlu kami pertegas adalah pemerintah perlu untuk memperketat soal protokol kesehatannya," ucapnya.

Selain itu, lanjut Dede, untuk jumlah kunjungan wisatawan juga tentunya harus dibatasi. Hal ini tentunya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

"Untuk upaya kita dalam menarik wisatawan ya mungkin nanti kita bisa berikan diskon. Tapi ya itu tergantung masing-masing dari Travel agent ataupun tempat-tempat wisata yang ada. Karena kan memang harus memikirkan pemasukan juga," tutupnya. [***]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT