Ledakan Corona di Pekanbaru Diperkirakan Usai Lebaran

Selasa, 26 Mei 2020 - 22:02:30 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Kasus positif Covid-19 di Kota Pekanbaru diprediksi bakal melonjak usai Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Walikota Pekanbaru Riau Firdaus, tidak menampikan kemungkinan hal itu akan terjadi. 

"Perkiraan ledakan pasien positif Corona bisa saja terjadi usai lebaran," kata Walikota Firdaus, Selasa (26/5/2020).

Prediksi itu bisa terjadi lantaran masih banyak warga berbelanja di mal sebelum perayaan Idul Fitri 1441 H atau lebaran kemarin. 

"Salat Idul Fitri berjemaah, dan munculnya 'rembesan' arus balik lebaran," ungkap Walikota Pekanbaru.

Sebenarnya, perilaku masyarakat yang beraktivitas di luar rumah menjelang 1 Syawal (Lebaran) sudah dipantau Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru. Diakuinya frekuensinya cukup tinggi.

Bahkan, ada warga yang sempat mudik, baik dalam maupun luar Provinsi Riau. "Kami sudah melihat bagaimana perilaku warga yang mudik. Pasti mereka akan bocor (terdampak virus corona). Oleh sebab itu, kita harus waspada," kata Walikota Firdaus.

Ia menyebut, tim kesehatan Pemko Pekanbaru sudah diperintahkan untuk melakukan rapid test (pemeriksaan daya tahan tubuh) massal di zona-zona merah. Sehingga, tim kesehatan tidak menunggu lagi di rumah sakit.

"Tapi, kami bisa mengetahui lebih awal bagi masyarakat yang rentan atau tertular dini agar bisa dilakukan tindakan pencegahan dan pengobatan," jelasnya. [***]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT