Pemkab Asahan Data TKI Asal Malaysia untuk Dipulangkan

Sabtu, 02 Mei 2020 - 20:55:11 WIB
Share Tweet Google +

TKI Asal Malaysia yang diterlantarkan di hutan bakau Sungai Kepayang

Metroterkini.com - Sejak diberlakukannya lock down di negara Malaysia beberapa waktu lalu, ternyata berdampak bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang mengais rezeki di negara tetangga tersebut.

Dari TKI yang terdampak pemulangan tersebut, ada ratusan warga Kabupaten Asahan yang saat ini belum dapat pulang ke kampung halamannya dan kondisinya memprihatinkan.

Saat dikonfirmasi, Juru bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan Rahmat Hidayat Siregar mengatakan, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan Surya telah memerintahkan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Asahan, melalui Indra Ringo agar mendata para TKI asal Kabupaten Asahan di Malaysia, Jum'at (1/5/2020).

"Dari awal kita siap untuk memulangkan TKI asal Asahan dari Malaysia. Tapi, karena prosedur dan tahapan secara administrasi untuk memulangkan sendri, kita butuh waktu," ucapnya.

Rahmat juga menjelaskan proses pengurusan administrasi pemulangan TKI asal Kabupaten Asahan yang berada di Malaysia.

Nantinya, setelah seluruh TKI asal Kabupaten Asahan di data, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan Surya akan mengirimkan surat dan melaporkan kepada Gubernur Sumatera Utara.

Selanjutnya, Gubernur Sumatera Utara akan melanjutkan laporan tersebut ke Kementerian Perhubungan RI di Jakarta.

"Mohon doa dari masyarakat, agar para saudara kita yang bekerja di Malaysia dapat segera kembali ke Asahan dan wabah virus corona ini cepat berlalu," pungkasnya. [Tums]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT