Tangerang Raya Perpanjang PSBB 14 Hari

Selasa, 28 April 2020 - 23:33:03 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Pemerintah Provinsi Banten akan memperpanjang masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di Tangerang Raya. Wilayah ini meliputi Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan salah satu pertimbangan memperpanjang PSBB adalah untuk mempercepat penanganan virus korona. PSBB periode pertama mulai berlaku pada Minggu, 18 April sampai dengan 3 Mei 2020.

"Akan diperpanjang selama 14 hari setelah periode pertama selesai," ujarnya, Selasa, 28 April 2020.

Wahidin menambahkan PSBB tahap pertama sudah berjalan efektif, meskipun belum maksimal. Hal itu terlihat dari jumlah pasien covid–19 dari kawasan Tangerang Raya yang mulai berkurang.

"Untuk itu kami akan melakukan evaluasi, supaya di PSBB tahap selanjutnya ini benar–benar berjalan efektif dan maksimal," ungkapnya.

Wahidin mengatakan guna mengoptimalkan PSBB, Pemprov Banten sudah mendistribusikan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) ke Tangerang Raya untuk mengantisipasi dampak sosial. JPS yang didistribusikan dalam bentuk bantuan tunai melalui perbankan yang telah ditunjuk.

"Hanya saja dalam pelaksanaannya terkendala proses pembuatan kartu ATM yang membutuhkan waktu," jelasnya.

Untuk kuota penerima bantuan Kota Tangerang Selatan sebanyak 23.258 kepala keluarga (KK), Kabupaten Tangerang sebanyak 149.133 KK, dan Kota Tangerang 86.783 KK, dengan masing–masing bantuan sebesar Rp600 ribu per KK selama tiga bulan.

"Validitas data juga masih terus kami lakukan, mengingat masih terus bertambahnya warga yang dirumahkan. Sehingga perlu ada sinkronisasi data dengan Kementerian Tenaga Kerja," katanya.

Sementara itu, Kapolresta Tangerang AKBP Ade Ary Syam Indardi, menjelaskan, selama 10 hari pelaksanaan PSBB tahap pertama, pihaknya mencatat terjadi 4.224 pelanggaran. Paling banyak, warga tak mengenakan masker.

"Selain itu, kendaraan yang melintas di jalur perbatasan cukup banyak. Perlu tingkatkan pemberdayaan gugus tugas tingkat RW/RT untuk kampanyekan penanganan covid–19 dari rumah ke rumah, ini sangat membantu pencegahan,” paparnya.

Saya tetap optimistis dengan melibatkan masyarakat bergotong royong pelaksanaan PSBB akan berhasil," imbuh orang nomor satu di Polresta Tangerang Polda Banten ini. [sjah]

 


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT