1.689 Kendaraan di Tol Diminta Balik Arah

1.689 Kendaraan di Tol Diminta Balik Arah

Metroterkini.com - Petugas pos pengamanan terpadu di tol mengalihkan total 1.689 kendaraan penumpang untuk putar balik ke arah Jakarta pada hari pertama pemberlakuan larangan mudik dari wilayah Jabodetabek, Jumat (24/4/2020).

Larangan mudik dari daerah dengan pembatasan sosial berskala besar atau zona merah 19 diterapkan guna memutus mata rantai penyebaran penyakit.

”Itu jumlah kendaraan yang dialihkan pada Jumat pukul 00.00–19.00,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, dalam keterangan, Sabtu (25/4/2020).

Pos pengamanan ditempatkan di gerbang tol Bitung, Tangerang, serta di gerbang tol Cikarang Barat, Bekasi.

Petugas di Pos Pam Bitung (tol mengarah ke Merak dan Banten) mengalihkan 681 kendaraan yang terdiri dari 375 kendaraan pribadi dan 306 angkutan umum.

Adapun petugas di Pos Pam Cikarang Barat (tol mengarah ke Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur) memutarbalikkan 1.008 unit, terdiri dari 706 kendaraan pribadi serta 302 angkutan umum.

Dengan demikian, 59,6 persen kendaraan yang diperintahkan berbalik arah diyakini digunakan untuk mudik disekat di Pos Pam Cikarang Barat.

Dari 1.689 unit kendaraan di Pos Pam Bitung dan Cikarang Barat yang diperintahkan berbalik arah ke Jakarta, 64 persen merupakan kendaraan pribadi.

Hal yang sama juga dilakukan Polresta Tangerang. Penjagaan ketat telah diberlakukan di sepanjang jalur tol dan arteri wilayah hukum Polresta Tangerang. Jalur arteri dijaga jajaran Polresta Tangerang, sedangkan jalur tol dijaga Korlantas Polri dan jajaran Polda Banten. [sjah]

Berita Lainnya

Index