Pengangkatan Kaur Desa Ganting Kuok Tuai Polemik

Selasa, 14 April 2020 - 17:18:40 WIB
Share Tweet Instagram

Metroterkini.com - Pemecatan Kaur desa Ganting Kecamatan Salo Kampar Riau, menuai polemik. Pihak Kecamatan Salo sangat menyayangkan tindakan Kepala Desa Ganting dan berharap diselesaikan sesuai aturan yang ada.

Camat Salo berharap persoalan ini diselesaikan kedua belah pihak, antara Kades Ganting dengan Kaur Desa.

Menurut Widya selaku pencalonan dirinya sebagai Kaur sudah melalui proses penjaringan pada tahun 2018 silam. Namun tahun 2019, tanpa diketahui asal muasal dirinya hanya dijadikan staf biasa. Padahal dalam SK Penetapan dirinya sebagai Kaur Keuangan Desa Ganting.

Sementara Kades Ganting Hj Zubaidah mengatakan setelah keluar aturan baru, tentang pedoman penetapan sebagai Desa Swadaya yang membatasi jumlah Kaur. Pada aturan tersebut, hanya memiliki 4 orang Kaur. Sedangkan Widya direkrut sesuai aturan saat penjaringan pada tahun 2018.

Setelah aturan tersebut keluar, pihaknya langsung mengevaluasi jajaran Kaur Desa Ganting, tanpa kordinasi dengan perintahan Kecamatan atau Dinas PMDes Kampar Riau.

Menurut Kades Ganting pergeseran Kaur Desa sudah sesuai aturan, karena Kades mempunyai hak prerogatif penuh. Namun disaat di tanya apakah pengakatan yang baru ini sudah sesuai aturan dan melalui proses aturan penjaringan, Kades Ganting Zubaidah tidak memberikan jawaban.

Sementara Ketua LPM Desa Ganting M. Haris meminta Kades Ganting dapat menciptakan suasana kondusif ditengah-tengah masyarakat, bukan malah sebeliknya. Ia juga meminta agar Kades mengembalikan jabatan Widya pada jabatan sebelumnya dan menyelesaikan secara baik-baik, agar tidak terjadinya kesenjangan sosial pada masyarakat.

Secara terpisah Ketua BPD Desa Ganting, Afrizal. SH, mengaku hal seperti ini tidak seharusnya terjadi.  "Saya tidak ada menyetujui keputusan yang dilakukan Kades tersebut. Saya hanya menerima tembusan, Ia malah mengaku tindakan yang dilakukan Kades ini dinilai terlalu terburu-buru," ujarnya.

Terkait hal itu, baik dari Ketua LPM dan Ketua BPD Desa Ganting, serta mediasi pihak Kecamatan Kuok sampai saat ini tidak menemukan titik terang. [ali]


TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT