Dorong Ketua RT/RW Jadi Pelopor Pencegahan Covid–19

Jumat, 10 April 2020 - 20:13:51 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Kapolresta Tangerang Kombes Ade Ary Syam Indradi mengajak para Ketua Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) untuk menjadi pelopor dalam upaya memutus mata rantai penyebaran penyakit Covid–19.

Pernyataan itu disampaikan Ade saat memberikan arahan kepada Gugus Tugas Relawan Desa Lawan Covid–19 Desa Bojong Loa, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang, Jumat (10/4/2020).

Menurutnya, ketua RT atau RW adalah kelompok yang hampir setiap harinya bersinggungan langsung dengan masyarakat.

Karenanya, kata Ade, sangat diharapkan agar ketua RT/RW dapat mengedukasi warga seperti menjaga jarak dan menerapkan pola hidup bersih serta sehat.

"Karena Ketua RW dan RT langsung bersentuhan dengan masyarakat, serta mengingatkan apabila ada warganya yang kumpul segera diberitahu untuk membubarkan diri," ucapnya.

Ade Ary Syam Indradi menambahkan, Pemkab Tangerang sudah membuat gugus tugas penanganan Covid–19. Gugus Tugas tingkat Kabupaten itu tidak bisa bekerja sendiri tanpa keterlibatan semua elemen hingga tingkat RT.

"Lebih bagus sampai dengan setiap kepala keluarga," ujarnya.

Ade kembali menyerukan agar masyarakat tetap berada di rumah bila tidak ada keperluan yang sangat mendesak. Bila terpaksa harus keluar rumah, harus menggunakan masker dan menjaga jarak. Serta mencuci tangan dan pakaian seketika tiba di rumah.

Ade menyebut, garda terdepan dalam melawan Covid–19 adalah setiap individu. Yakni kedisiplinan untuk mengikuti anjuran pemeritahan agar mata rantai penyebaran penyakit Covid–19 bisa diputus.

"Kita harus optimis bahwa wabah ini akan segera berakhir, dengan cara kita berikhtiar. Salah satunya tetap di rumah, jaga kebersihan serta tidak lupa berdoa," tutupnya. [sjah]

 

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT