Polresta Tangerang Tangkap 2 Spesialis Ganjal ATM

Rabu, 08 April 2020 - 12:59:55 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Polresta Tangerang Polda Banten menangkap 2 pelaku spesialis ganjal ATM yang beraksi di beberapa wilayah Banten, yaitu Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan.

Dua pelaku itu adalah Jefri Yunanda (23), pernah berekeja sebagai petugas keamanan di sebuah pabrik coklat dan Yudi Hendra (27) seorang supir angkot.

Mereka sudah puluhan kali beraksi.

"Sudah belasan kali melakukan aksinya antara lain di kabupaten Tangerang, tangsel, kota Tangerang, dan serang, pelaku ini melakukan aksinya selama 1,5 tahun, dari awal tahun 2019," ujar Kapolresta Tangerang Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi di Makopolres Tangerang, Rabu ( 8/4/2020).

Dalam aksinya, terang Ade, pelaku mengelabuhi korban yang melakukan penarikan uang di ATM yang mengalami gangguan. Selanjutnya mengganjal mesin ATM dengan cottonbud atau tusuk gigi.

"Ketika korban sudah mengalami gangguan pada ATM nya karena nyangkut, si pelaku pura-pura memberikan saran kepada korban sambil melirik pin yang diketik korban," jelas Ade.

Selanjutnya, pelaku menguras uang korban hingga jutaan. "Rata–rata Rp 700 ribu hingga Rp 14 juta," bebernya.

Setelah diselidiki, polisi mendapatkan informasi dari para korban hingga akhirnya pelaku berhasil dibekuk di kontrakannya.

Barang bukti yang diamankan adalah 5 ATM yang telah dimodifikasi, 3 Kartu ATM BRI, 2 Kartu ATM BCA , 1 solasi hitam, 1 gergaji, dompet dan 36 tusuk gigi.

Pelaku dijerat Pasal 363 KUHP terkait pencurian dengan pemberatan maksimal hukuman 5 Tahun Penjara.

Terkait hal itu Ade Ary mengimbau masyarakat agar berhati–hati ketika mengambil uang di ATM. Jika mengalami gangguan sebaiknya hubungi call center ATM.

“Saat mengetik PIN ATM harus menutupi kanopi dengan tangan,” pungkasnya. [sjah]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT