Riau Terima Bantuan 2.000 APD dan 6.800 Rapid Test

Sabtu, 28 Maret 2020 - 14:05:07 WIB
Share Tweet Google +

Metroterkini.com - Pemerintah Provinsi Riau menerima bantuan alat tes cepat alias rapid test dan alat pelindung diri (APD) untuk penanggulangan COVID-19. Rapid test ini telah mulai dikirim ke seluruh kabupaten dan kota di Riau.

"Total bantuan rapid test yang kami terima dari Kementerian Kesehatan ada 6.800 rapid test. Ada 2.000 APD yang kami terima. Ini sudah mulai kami distribusikan untuk 12 kabupaten dan kota di Riau," kata Gubernur Riau Syamsuar kepada wartawan, Sabtu (28/3/2020).

Syamsuar menjelaskan bantuan rapid test ini mulai diterima kemarin hingga hari ini. Pada Jumat (27/3) malam, sudah sebagian APD didistribusikan ke sejumlah kabupaten dan kota.

"Rapid test ini akan diutamakan untuk orang dalam pemantauan (ODP), para tenaga kesehatan. Untuk pasien dalam pengawasan (PDP) tetap menggunakan uji swab yang dikirim ke Lab Kemenkes," kata Syamsuar seperti dilansir dari detikcom.

Selain itu, pihak Pemprov Riau juga menerima bantuan vitamin. Hanya saja vitamin ini dibagikan ke sejumlah kabupaten dan kota yang tidak tersedia vitamin.

"Bantuan vitamin ada juga, tapi hanya untuk kabupaten yang tidak memiliki stok vitamin. Sebagian kabupaten dan kota sudah ada yang punya vitamin," kata Gubri.

Untuk sekedar diketahui, hingga Jumat (27/3) jumlah ODP di Riau sudah mencapai 4.434. Dari jumlah itu sebanyak 57 orang telah selesai dalam pemantauan. Jumlah PDP sebanyak 75 orang dan sebanyak 23 orang telah dinyatakan sehat dan kembali ke rumahnya.

Pasien positif COVID-19 masih tetap satu orang belum ada penambahan. Saat ini ada 44 rumah sakit rujukan di seluruh Riau. [***]

loading...

loading...

TULIS KOMENTAR

BERITA TERKAIT